Ganjar Kedatangan Dubes Jepang, Bahas Kerja Sama Penanggulangan Bencana hingga Pendidikan

0
77
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri), foto: tangkapan layar Instagram @ganjar_pranowo

SAMIN-NEWS.com, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menerima kunjungan Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kanasugi Kenji di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Selasa (21/12/2021).

Terkait dengan pertemuan ini, Ganjar mengatakan bahwa Jawa Tengah akan menjalin kerja sama dengan Jepang. Kerja sama itu mulai dari sektor penanggulangan bencana, investasi, industri hingga bidang pendidikan.

Menurut Ganjar, Jawa Tengah punya kepentingan membangun kerja sama dalam bidang penanggulangan bencana. Ia meyakini kerja sama ini akan membantu pembangunan Jawa Tengah yang lebih baik.

Gubernur Ganjar mengaku pernah berkunjung ke Jepang. Selain itu, ia menilai Jepang sudah banyak berinvestasi di Indonesia. Sehingga, perlu ada peningkatan kerja sama terutama untuk di Jawa Tengah.

“Sudah banyak investasi dari Jepang yang sudah masuk dan kita akan tingkatkan kerja sama itu. Jepang ingin banyak berinvestasi ke Jawa Tengah dan saya diminta untuk membantu mendengarkan yang menjadi potensi untuk berinvestasi ke Jawa Tengah,” ujarnya seperti dikutip Viva.

Kerja sama dengan Jepang disebut cocok, pasalnya Indonesia mempunyai program pengembangan transportasi berbasis listrik. Terlebih, kata Ganjar bahwa Jepang mempunyai modal pengetahuan yang bagus.

Bahkan, dengan kerja sama yang dibangun antara Pemprov Jawa Tengah dengan Jepang itu, menurutnya bisa ditingkatkan lagi. Misalnya adalah pembangunan sumber daya manusia berkait dengan pengembangan transportasi listrik.

“Jepang punya pengalaman yang cukup bagus. Saya kira kesempatan kita untuk kerja sama tidak hanya untuk industrinya tapi kita tawarkan untuk persiapan sumber daya manusia, bisa belajar soal pendidikannya,” ujar Ganjar.