Baznas Salurkan Bantuan kepada 166 Anak Yatim Piatu

0
96
Penyaluran bantuan oleh Baznas secara simbolis bagi anak yatim piatu akibat wabah pandemi kepada 166 anak, Rabu (1/12/2021)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pati memberikan bantuan kepada anak yatim piatu dampak Covid-19. Bantuan berupa sembako dan alat tulis diberikan kepada 166 anak secara simbolis di Pendopo Kabupaten Pati, Rabu (1/12/2021) siang tadi.

Ketua Baznas Pati, Imam Zarkasi menyebutkan penyaluran bantuan itu merupakan implementasi tugas Baznas sebagai organisasi penyambung antara golongan yang punya dan kekurangan. Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap zakat infak dan sedekah.

“Wujud pengamalan 5P, (yaitu) Pati makmur, Pati, cerdas, Pati sehat, Pati peduli, dan Pati taqwa. Ini atas motivasi dilaksanakan agar bermanfaat bagi rakyat miskin,” ungkap Zarkasi.

Termasuk di antaranya adalah Pati peduli yang dilaksanakan pada kegiatan penyaluran bantuan pada kali ini. Di mana hari ini adalah bentuk kepedulian Baznas terhadap anak yatim piatu akibat Covid-19.

Bupati Pati Haryanto menambahkan, pemberian bantuan Baznas kepada 166 anak yatim piatu sebab wabah covid. Kejadian ini menimpa dimana saja dan berdampak semua aspek.

“Bukan hanya menghantam keluarga tapi perekonomian juga kesehatan. Ini menyisakan duka yang cukup lama karena ditinggal orangtuanya bapak-ibunya. hal ini tidak bisa terhindar karena dialami oleh seluruh dunia,” ujar Haryanto.

Bupati menambahkan terkait dengan santunan meninggal dunia akibat corona virus, d8 di rencanakan disantuni Rp17 juta. Tetapi, lantaran minimnya anggaran yang dimiliki daerah, maka hal itu urung terealisasi.

Pernah mau ada santunan meninggal karena wabah covid mau dikasih 15-17 juta akhirnya dicabut karena daerah tidak mampu. Tapi kami punya program santunan kematian yang nilainya 1 miliar, 1 juta per orang tahun 2020,” imbuhnya.

“Termasuk hari ini, nilainya tidak seberapa. Tetapi perhatian dan kepedulian tidak semua punya. Tidak usah patah semangat anak anakku, Allah akan memberikan yang terbaik untuk kalian semua,” pungkasnya.