Anak-anak Korban Erupsi Gunung Semeru Dapat Trauma Healing dari TBM Omah Buku

0
124
Anak-anak Korban Erupsi Gunung Semeru Dapat Trauma Healing dari TBM Omah Buku Kosmasari

SAMIN-NEWS.com, Anak-anak korban erupsi Gunung Semeru di pos pengungsian Desa Penanggal, mendapat trauma healing. Adalah dari jajaran pengurus TBM Omah Buku Kosmasari hadir ke lokasi pengungsian untuk memberi hiburan juga bermain bersama bagi anak-anak.

Walid Taufiq, selaku koordinator kegiatan ini mengatakan dalam trauma healing yang dilakukannya itu di antaranya dengan menggelar lapak baca, menggambar juga mewarnai bagi anak-anak di lokasi pengungsian.

“Tujuannya yaitu untuk ikut berpartisipasi memberikan trauma healing. Anak-anak yang ikut jumlahnya 53 orang,” ujar Walid di sela kegiatan, Jumat (24/12/2021).

Kemudian, mereka diajak dolanan bareng mainan tradisional. Sedari saat berangkat memang sudah disiapkan sejumlah dolanan tradisional Kekehan. Dengan dolanan seperti ini, ia berharap anak-anak korban erupsi merasa senang serta bahagia melupakan atas apa yang telah menimpanya.

“Sangat senang dan antusias mengikuti kegiatan lapak baca, dolanan Kekehan juga saat mewarnai dari kita TBM Omah Buku Kosmasari,” terangnya.

Benar saja anak-anak tampak ceria mengikuti setiap permainan, meski nyawa nyaris terenggut ditambah rumah serta harta benda orang tuanya tertimbun material vulkanik dari gunung tertinggi di pulau Jawa itu.

Misalnya satu di antara anak-anak adalah Septian yang mengungsi di pos Desa Penanggal. Septian mengaku senang sekali bisa bermain bersama. Diketahui saat ini Ia masih duduk di bangku kelas VI SD.

“Senang dan bahagia bisa dolanan bareng dan diberi mainan Kekehan ada juga menggambar. Bisa sedikit menghibur dan melupakan kejadian kemarin,” kata Septian.

Sebagai informasi, selain memberikan trauma healing bagi korban erupsi Gunung Semeru khususnya anak-anak, atas permintaan pengungsi TBM Omah Buku Kosmasari juga memberikan kipas angin. Karena di lokasi pengungsian panas, maka dengan kipas angin cukup membuat mereka nyaman dan tidak kepanasan.