ACT Pati Wakafkan Sumur Bor ke Posko SAR Tunggul Wulung di Dukuhseti

0
22
Proses pembuatan sumur bor di lingkungan Posko SAR Tunggul Wulung, di Dukuh Slempung, Desa/Kecamatan Dukuhseti yang sudah mengeluarkan air pada kedalaman 40 meter.(Foto:SN/dok-sar)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Pati yang bermarkas di Kompleks Pecinan, menaruh kepedulian sosial terhadap Posko Tim SAR Tunggul Wulung, di Dukuh Slempung, Desa/Kecamatan Dukuhseti. Kepedulian tersebut diwujudkan dalam bentuk pemberikan wakaf, berupa sumur bor untuk dipergunakan memenuhi kebutuhan air bersih, baik oleh warga di lingkungan itu maupun warga sekitar.

Hal itu dibenarkan pengelola dan penanggung jawab ACT Pati, Husni, ketika ditanya berkait masalah tersebut, Sabtu (11/Desember) 2021 tadi pagi. Karena faktanya, lanjut dia, warga di Dukuh Slempung dan sekitarnya dalam hal memenuhi kebutuhan air memang selelu menghadapi kendala, yaitu airnya terasa asih mengingat lokasi tempat tinggal warga adalah kawasan pantai.

Kendati demikian, pihaknya tetap berupaya dan mencoba melakukan pengeboran sumur dengan mendatangkan ahlinya yang bisa memprediksi secara tepat pada kedalaman berapa meter air sumur yang keluar tidak asin. ”Karena dijelaskan, sekitaran pada kedalaman 40 meter, maka setelah pengeboran mencapai kedalaman itu pun pekerjaan disudahi, tapi masih menunggu hasilnya secara pasti air sumur bor itu asin atau tidak pada hari ini,”ujarnya.

Untuk pengujiannya pun dilakukan secara sederhana, lanjut Husni, yaitu dengan cara dijilat secara bertahap, karena air hasil pengeboran dengan kedalaman tersebut memang sudah keluar. Karena itu, harapannya mudah-mudahan air dari sumur bor yang keluar bisa dimanafaatkan untuk waktu-waktu selanjutnya oleh warga, dan sudah pasti semoga jangan asin.

Menjawab pertanyaan, Husni menambahkan, bahwa ACT yang dikelola sejak 2004 saat terjadi musibah bencana tsunami Aceh, adalah sebuah lembaga nirlaba. Selain bergerak di bidang kebencanaan dan sosial juga dalam hal kemanusiaan, dan seiring berjalannya waktu ternyata ACT semakin bisa melebarkan sayap kemanusiaannya.

Di sisi lain juga semakin banyak mendapat kepercayaan dari masyarakat, karena telah banyak pulamembantu penerima manfaat di bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, sosial dan kemanusiaan. Sehingga Tahun 2021 ini menjadi tahun cukup berharga, karena dibukanya ACT Cabang Pati Raya yang wilayah aktivitasnya mencakup Kabupaten Jepara, Kudus, Pati, Rembang, dan Blora.

Selebihnya kebaraan ACT Cabang Pati sudah banyak melakukan  aksi kemanusiaan, dan hal tersebut akan terus dilanjutkan di wilayah aktivitasnya. ”Hal tersebut salah satunya termasuk bantuan kepada Penyintas Erupsi Semeru di Lumajang, di antaranya berupa beras, air minum dalam kemasan, biskuit, wafer, kue, minyak goreng, diapers bayi, pakaian baru, obat-obatan, masker medis, serta itamin,”imbuhnya.(sn)