Update Sembako di Pasaran Harga Cabai Kian Pedas

0
28

SAMIN-NEWS.com, PATI – Harga kebutuhan pokok atau sembako di pasar tradisional di wilayah Kabupaten Pati akhir pekan ini terpantau mengalami kenaikan di beberapa jenis komoditas. Termasuk di antaranya adalah datang dari harga cabai.

Kelompok bumbu dapur yang sulit ditinggalkan ini seperti diketahui beberapa bulan terakhir pernah hancur. Bahkan ada petani cabai yang tak memanen tanaman cabai lantaran kesal meski dijual tak balik modal.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Pati (Disdagperin) Kabupaten Pati, Hadi Santosa menyatakan harga cabai di pasar tradisional sudah berangsur membaik. Dari pada sebelumnya petani cabai dibuat menjerit.

“Per tanggal 12 November harga cabai merah keriting untuk saat ini Rp 34 ribu. Naik tajam dari hari sebelumnya, naik 4 ribu yakni Rp 30 ribu per kilogram,” kata Hadi berdasarkan data yang dimiliki Disdagperin, Sabtu (13/11/2021).

Kemudian, cabai merah besar teropong, menjadi Rp 55 ribu, sedangkan sebelumnya hanya mencapai Rp 50 ribu. Sementara untuk jenis cabai lsin seperti cabai rawit merah dan rawit hijau masing-masing tak ada perubahan.

Mantan Kepala Satpol PP ini mengatakan kenaikan harga juga terjadi pada harga daging ayam broiler naik Rp 1 ribu dari Rp 33 ribu menjadi Rp 34 ribu per kilogram di tingkat pasar.

Kendati demikian, berbeda halnya dengan harga ikan bandeng di pasaran. Yaitu berubah sebaliknya menurun. Ia menyebut harga ikan bandeng yang sebelumnya Rp 35 ribu turun menjadi Rp 33 ribu per kilogram.