Tempe Mendoan Ditetapkan Kemendikbud Ristek Jadi Warisan Budaya Tak Benda

SAMIN-NEWS.com, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menetapkan tempe mendoan, makanan khas Kabupatan Banyumas menjadi Warisan Budaya Tak Benda (WBTb) Indonesia tahun 2021. Penetapan ini diputuskan Jumat (29/10/2021).

Dikutip dari akun media sosial Kemenkopukm, keputusan penetapan ini dilaksanakan dalam sidang “Penetapan Warisan Budaya Tak Benda Indonesia Tahun 2021”.

Kudapan khas dari Banyumas, Jawa Tengah ini telah didaftarkan pada tahun 2020 kemarin. Dan akhirnya berhasil lolos pada tahun 2021 ini. Adapun tempe mendoan dikategorikan dalam WBTb Keterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional.

“Tahun lalu belum bisa lolos, tapi tahun ini akhirnya bisa ditetapkan,” kata Kasi Nilai Tradisi Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Banyumas Mispan seperti dilansir dari Kompas.com.

Menurutnya, tempe mendoan sangat kental bagi masyarakat setempat. Apalagi dengan penetapan tersebut membuat masyarakat Banyumas merasa bangga dengan daerah. Di saat yang sama, pihaknya juga menyebut ada satu lagi yang ditetapkan menjadi WBTb dari Banyumas.

“Selain tempe mendoan, sidang tersebut juga menetapkan kesenian khas Banyumas, ebeg sebagai WBTb kategori seni pertunjukan,” jelasnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Tanggulangi dan Cegah Stunting, Tiga Desa di Pati Dapat Bantuan STBM Senilai150 Juta
Next post 4 Ribu Dosis Vaksin di Kudus Kadaluwarsa
Social profiles