Semalam Lima Regu Damkar Tetap Berjaga di Lokasi Kebakaran Dua Kelinci

0
43
Puing karangka bangunan tempat oven dan packing perusahaan kacang PT Dua Kelinci Pati yang paling parah terbakar (atas) dan semalam regu Damkar yang masih berjaga dan siaga di lokasi perusahaan, di pinggir jalan raya Pati-Kudus itu.(Foto:SN/dok-yon)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Terlepas dari latar belakang penyebab terjadinya kebakaran hebat di perusahaan kacang PT Dua Kelinci, Selasa (23/November) 2021 kemarin siang yang sudah barang tentu masih dalam penyelidikan pihak kepolisian. Kendati demikian, suara santer yang beredar di kalangan masyarakat penyebab terjadinya musibah tersebut, karena meledaknya oven di ruang produksi.

Kendati kobaran api yang kepulan asapnya cukup tebal terlihat dari radius kejauhan, sekitar pukul 15.00 atau beberapa jam setelah membakar ruang produksi, ruang packing dan kantor perusahaan berhasil dipadamkan, tapi sampai tadi malam masih disiagakan regu Damkar di lokasi tersebut. Hal itu untuk berjaga-jaga jika api yang semula sudah tampak padam, tidak tertutup kemungkinan tiba-tiba bisa kembali menyala.

Hal itu dibenarkan Kepala Satpol PP Kabupaten Pati, Sugiyono AP MSi, ketika ditanya berkait masalah tersebut, Rabu (24/November) 2021, termasuk berapa nilai kerugian yang diderita pihak perusahaan akibat kejadian ini, tapi ia belum bisa menjelaskan. ”Dalam kondisi tersebut sesuai prosedur, kami tetap menempatkan regu damkar yang ada di bawah kendali kami,”ujarnya.

Para personel anggota regu pemadam kebakaran (Damkar) tetap waspada berjaga hingga pukul 03.00 lebih.(Foto:SN/dok-yon)

Berkait masalah itu, lanjutnya, regu Damkar lengkap dengan kendaraannya yang disiagakan pihaknya berjumlah dua unit. Di sisi lain, regu Damkar dari PT Djarum Kudus juga ikut ambil bagian dengan mengerahkan tiga unit kendaraan pemadam sehingga seluruhnya berjumlah lima unit, karena untuk menjaga proses pendinginan itu membutuhkan waktu cukup lama.

Sebab, sampai Rabu (24/November) 2021 pukul 01.00 dinihari proses pendinginan masih berlanjut, karena masih muncul kepulan asap di beberapa titik. Dengan kesiapan regu Damkar, sampai menjelang subuh dinihari, situasi tetap aman sehingga pagi tadi seluruh regu Damkar ditarik dari lokasi untuk kembali ke pos masing-masing.

Akan tetapi, pihaknya juga tetap meminta agar kesiap siagaan semua personel lebih ditingkatkan dan dimaksimalkan. ”Hal tersebut juga untuk memantau situasi secara umum mengingat kendati sudah mulai turun hujan, tapi yang namanya musibah kebakaran bisa terjadi kapan saja, dan di mana saja,”imbuhnya.