Pencanangan Kampung Literasi di TBM Omah Buku Kosmasari

0
100
peresmian pojok baca oleh Kabid Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) pada Diskominfo, Endah Murwaningrum

SAMIN-NEWS.com, PATI – Meski sekarang ini adalah era dimana serba digital, namun yang perlu dipahami bersama adalah kecakapan literasi juga dilahirkan melalui akses membaca buku. Sejalan dengan itu, TBM Omah Buku Kosmasari di Desa Karangsari, Cluwak melaunching program Kampung Literasi, Sabtu (27/11/2021).

Launching Kampung Literasi tahun 2021 di TBM Omah Buku secara simbolis dibuka oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati.

“Literasi ada beberapa, di antaranya yaitu baca tulis, numerasi, ekonomi, kebudayaan hingga kewargaan,” papar Kabid PAUD dan Dikmas, Endang Sri Lestari

Menurutnya, literasi mampu melahirkan pemerataan pendidikan. Maka dengan tbm ini ke depannya bisa berkolaborasi kerjasama kepada stakeholder terkait.

Selain launching Kampung Literasi, juga peresmian pojok baca di dua lokasi yang berbeda. Kabid Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) pada Diskominfo, Endah Murwaningrum menyatakan embrio semangat anak-anak muda dalam pengembangan literasi khususnya di Desa Karangsari patut diapresiasi.

“Semangat minat baca juga harus diimbangi dengan upaya menumbuhkan giat baca. Meskipun sekarang ini eranya adalah digital, namun pengenalan terhadap literasi baca untuk menangkal hoaks menjadi sebuah keharusan,” ujarnya.

Karena, kata dia menangkis hoaks tak lain dengan meningkatkan literasi baca. Sebab dari sini akan tumbuh pengetahuan serta kecakapan masyarakat.

Sementara itu Kabid Perpustakaan pada Dinas Arpusda, Priyono Arif Fandilah menambahkan akan siap sedia membantu upaya menumbuhkan literasi dengan program silang layang yang di antaranya saat ini sekitar 200 buku dipinjamkan. Termasuk pengelolaan manajemen hingga pelatihan.

“Kami berharap semangat dan kreativitas para penggiat literasi dalam upaya meningkatkan minat dan budaya baca dapat bermanfaat bagi masyarakat,” terangnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan kampung literasi sudah berjalan mulai September hingga berakhir Desember 2021. Dan rencananya, masih ada agenda pada Desember bulan depan.