Dua Pekan Lagi Penataan Stadion Joyokusumo Tuntas

0
197
Penataan lintasan atletik Stadion Joyokusumo cukup mewah karena berlapis ”rubber” (atas) dan sekeliling lapangan dan lintasan tersebut juga berpagar (bawah).(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Paket pekerjaan penataan Stadion Joyokusumo Pati oleh rekanan pemeneng tender paket pekerjaan tersebuit, dipastikan dua pekan lagi tuntas. Sedangkan hari kalender terakhir sesuai kontrak, pekerjaan tersebut harus sudah selesai 24 November 2021 lalu, sehingga banyak yang menghitung bahwa pekerjaan itu dianggap terlambat.

Karena itu, rekanan yang bersangkutan, Ahmad menegaskan, bahwa anggapan itu tidak benar mengingat di tengah-tengah pelaksanaan pekerjaan berlangsung terjadi ”adendum”. Yakni, penambahan kesepakatan perihal adanya keterikatan secara hukum di antara semua pihak pada kontrak yang sudah disepakati sebelumnya.

Hal tersebut sudah sesuai ketentuan, karena dalam ”adendum” itu tegas dicantumkan dengan jelas bahwa tambahan nilai kontrak adalah sebesar Rp 800 juta lebih, dan waktu pelaksanaan ditambah 20 hari lagi terhitung sejak berakhirnya hari kalender kontrak sebelumnya. ”Semua bisa dibaca secara jelas karena dicantumkan pada papan proyek, sehingga apa yang kami kerjakan itu terbuka dan transparan,”tandasnya.

Kondisi Stadion Joyokusumo sekarang, lengkap dengan tribune utama dan kedua yang juga tersedia di sisi timur lapangan, selatan dan utara.(Foto:SN/aed)

Sedangkan ”adendum” kontrak tersebut, lanjutnya, adalah meliputi penambahan lapisan aspal di atas lapisan beton, baik pada lintasan sekeliling juga pada lokasi ”tembereng” atau ruang di belakang tiang gawang. Pertimbangannya, hal tersebut untuk menghindari dan menjaga lapisan beton dari gangguan nonteknis, sehingga dengan ditambahkannya lapisan aspal di atas beton tentu akan saling mengikat.

Dengan penambahan lapisan aspal tersebut, maka dengan sendirinya membutuhkan tambahan alokasi anggaran dan juga material, serta hari kalender pelaksanaannya. Setelah selesai penambahan aspal baru dilakukan pelapisan ”rubber” yang masih curai dua lapis, dan terakhir ”rubber” kristal dengan ketebalan 5 cm, sehingga lapisan lintasan itulah yang akan membuat nyaman para sprinter, bukan lagi pada lintasan yang dibuat dari bahan meterial semen merah.

Akan tetapi untuk melaksanakan pekerjaan ini, ancaman gangguannya adalah cuaca yang bila siang hingga sore hari sekarang ini sudah mulai turun hujan. ”Adapun adendum lainnya meliputi pengecatan tembok keliling stadion, baik sisi luar dan dalam dengan cat dua warna, di antaranya yang sisi dalam dengan cat warna abu-cerah,”imbuhnya.