MTsN 1 Pati Madrasah Berprestasi dan Mendunia Peroleh 1058 dari Berbagai Kompetisi

0
57
Foto dari kiri, koordinator Humas, Asmonah Yusuf, Kepala MTsN 1 Pati, Ali Musyafak dan Tim Koordinator Olimpiade, Tommy Andriansyah

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sepanjang awal tahun hingga November 2021 ini, MTs Negeri 1 Pati memperoleh ribuan lebih penghargaan tropi dari berbagai kompetisi yang diikuti siswa-siswinya baik di tingkat lokal, nasional bahkan sampai ajang internasional.

Kepala MTsN 1 Pati melalui Koordinator Tim Olimpiade MTsN 1 Pati, Tommy Andriansyah menyatakan seperti visi MTs Negeri 1 Pati yakni mewujudkan madrasah yang berprestasi, unggul dan mendunia, maka madrasah mendorong menumbuhkembangkan bakat serta potensi oleh siswa.

“Untuk mencapai dan mewujudkan itu dari tim melakukan proses pendampingan siswa baik yang berhubungan pendampingan akademik maupun non akademik. Di antaranya ada program pendampingan sains, ipa, ips, matematika juga termasuk bahasa,” ujarnya, Selasa (23/11/2021).

Kepala MTsN 1 Pati, Ali Musyafak

Perlombaan internasional yang diikuti yakni ajang International Science & Invention Fair (ISIF-Indonesia) dengan karya IOT Water Management System Az Zahra Boardhing School memperoleh medali perak, kemudian Analysis Of The Effectiveness of Eco-Enzyme Preservation of Chili and Tomato mendapatkan perunggu.

Tommy menambahkan di tingkat Asia, yaitu Asian English Competition (AEC) -Indonesia kompetisi bahasa inggris dengan raihan troli 5 perak, 9 perunggu dan 8 harapan.

Kemudian lomba International Youth Robotic Competition (IYRC) di Korea Selatan meraih medali emas.

Ditanya apakah siswa MTsN 1 Pati secara gamblangnya sebagai madrasah yang terkenal dengan prestasinya, pihaknya menyebut sesuai dengan visinya, maka harus mampu unggul dan mendunia. Berlaku tidak hanya peserta didik, namun bagi guru dan pegawainya.

“Dibimbing oleh tenaga pendidik yang berkualitas, juga untuk proses penerimaan peserta didik kami melakukan seleksiuntuk masuk program unggulan tersebut. Jadi kita dorong lagi, kita didik, kita latih sehingga tujuan unggul prestasi dan mendunia itu bisa tercapai,” jelasnya.

Ia mengaku semua ide gagasan dan temuan yang dikembangkan oleh siswa beserta guru pendamping memang berasal dari lingkungan sekitar. Misalnya bagaimana mengelola air bersih di saat kemarau tidak kekurangan, serta sebaliknya ketika berlebih bisa di gunakan seperlunya.

Sebagai informasi, per 22 November 2021 ini MTs Negeri 1 Pati meraih penghargaan medali dengan total keseluruhan 1058, terdiri dari berbagai tingkatan dan beragam perlombaan.