Disdikbud Pati Tekankan Pentingnya Enam Profil Pelajar Pancasila

0
18
Disdikbud Pati Tekankan Pentingnya implementasi Enam Profil Pelajar Pancasila

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati, Winarto berharap para peserta didik di Pati dan siswa pada umumnya mampu tumbuh menjadi Pelajar Pancasila.

Profil Pelajar Pancasila adalah profil lulusan yang bertujuan untuk menunjukkan karakter dan kompetensi yang diharapkan diraih dan menguatkan nilai-nilai luhur Pancasila peserta didik dan para pemangku kepentingan.

“Agar para siswa, peserta didik dapat tumbuh dan berkembang sebagai interpterasi Profil Pelajar Pancasila,” ucap Winarto belum lama ini.

Winarto mengatakan setidaknya ada enam ciri yang tercakup dalam profil Pelajar Pancasila. Di antaranya adalah beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, kemudian ber-kebinekaan global, bergotong-royong, mandiri, bernalar kritis, serta kreatif.

Karakteristik itu harus ditumbuhkan kepada peserta didik. Berbagai elemen itu diterapkan misalnya, mampu mandiri serta bernalar kritis adalah menunjukkan sikap yang dinamis menyesuaikan pembelajaran tatap muka berganti secara daring saat pandemi.

Tentu penyesuaian kegiatan belajar mengajar itu, jika tak dibekali kemampuan mandiri nalar kritis tujuan pendidikan materi yang disampaikan tidak dipahami secara baik oleh siswa. Ia menyebut, justru ketika pelaksanaan pembelajaran jarak jauh ditinggalkan oleh siswa yang bersangkutan.

Kemudian, profil Pelajar Pancasila kreatif ini tetap berusaha mengeluarkan kemampuan maksimal, meski di tengah keterbatasan. Termasuk di antaranya adalah siswa dari Pati meraih juara di ajang internasional.

“Siswa dari Pati meraih juara di Korea Selatan, mengikuti lomba internasional World Invention Creativity Olympic (WICO) tahun 2021 mendapat medali emas,” imbuhnya.