Dampak Siklon Tropis Paddy, Berpotensi Hujan Angin di Sumatera hingga Jawa Timur

0
12
Siklon Tropis Paddy sumber BMKG

SAMIN-NEWS.com, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan informasi peringatan Siklon Tropis Paddy, Selasa (23/11/) kemarin.

Tetapi, dijelaskan Siklon Tropis Paddy pada dasarnya sudah terbentuk 22 November di selatan Pulau Jawa yang berada di sekitar 730 km sebelah selatan barat daya Cilacap.

Merujuk informasi di laman BMKG, Dalam 24 jam kedepan, diperkirakan Siklon Tropis Paddy akan bergerak ke barat menjauhi wilayah Indonesia, dengan kecepatan angin 35 knots (65km/jam) dan tekanan udara 999 hPa. Intensitas Siklon Tropis Paddy diperkiraan menurun dalam 24 jam kedepan.

Siklon Tropis Paddy memberikan dampak tidak langsung dalam 24 jam kedepan terhadap kondisi cuaca di wilayah Indonesia.

“Potensi hujan dengan intensitas Sedang – Lebat disertai angin kencang di wilayah Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur,” bunyi informasi tersebut.

Dampak dari Siklon tersebut, berpengaruh juga pada ketinggian gelombang laut di perairan Indonesia. Sejumlah wilayah di Sumatera, Selat Sunda hingga perairan di Jawa Timur bergerak mengalami peningkatan.

“Gelombang laut ketinggian 1.25 – 2.5 meter (sedang) dapat terjadi di Perairan Barat Bengkulu, Teluk Lampung bagian Selatan, Selat Sunda bagian utara, Perairan selatan Jawa Timur hingga Lombok, Samudra Hindia Selatan Jawa Timur hingga NTB,” lanjutnya.

Bahkan berpotensi juga mengakibatkan gelombang tinggi sampai 4 meter antara 2.5 s/d 4.0 meter (Rough Sea). “terjadi di Perairan barat P. Enggano, Perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian barat dan Selatan, Perairan selatan Banten hingga Jawa tengah, Samudra Hindia barat Kep. Mentawai hingga Selatan Jawa Tengah,” imbuh keterangan tersebut.