BPS Laporkan di Kuartal III Perekonomian Nasional Alami Pertumbuhan

0
12
BPS melaporkan perekonomian Indonesia mengalami pertumbuhan, foto: bps

SAMIN-NEWS.com, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal ketiga tahun 2021. Pertumbuhan ekonomi pada kuartal ketiga naik dibandingkan dengan kuartal kedua.

Kepala BPS Margo Yuwono menyebut ada pertumbuhan positif jika dilihat dari per kuartal. Selain itu, di periode sama dibandingkan dengan tahun 2020 lalu, setidaknya di kuartal ketiga tahun 2021 ini pertumbuhan perekonomian nasional mencapai 3,51 persen.

“Kalau dibandingkan dengan triwulan II-2021 tumbuh 1,55 persen dan bila dibandingkan triwulan III-2020 tumbuh 3,51 persen serta secara kumulatif tumbuh 3,24 persen,” katanya saat konferensi pers di Jakarta, Jumat (5/11/2021).

Memang, diakuinya bahwa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) oleh pemerintah pada beberapa bulan lalu mempengaruhi perekonomian. Pembatasan tersebut, berdampak signifikan terhadap sektor kegiatan perekonomian.

Kemudian, lanjut Margo pemerintah telah memberikan kelonggaran aktivitas masyarakat. Hal ini kaitannya dengan kebijakan pemerintah dalam pelaksanaan vaksinasi covid-19 bagi masyarakat yang cukup strategis menekan laju penyebaran Covid-19 di tanah air.

Pihaknya menegaskan periode tahunan (year on year/yoy) secara spasial, pertumbuhan ekonomi  pada triwulan III tahun 2021 meningkat di hampir seluruh wilayah. Termasuk hubungannya dengan pelonggaran aktivitas masyarakat.

Kendati begitu, pertumbuhan ini di waktu yang sama tidak berlaku bagi seluruh wilayah di Indonesia. Ada dua wilayah, yakni Bali dan Nusa Tenggara Timur (NTT) justru mengalami sebaliknya.

“Kecuali kelompok di Pulau Bali dan Nusa Tenggara yang mengalami kontraksi pertumbuhan 0,09 persen. Sementara Maluku dan Papua menunjukkan pertumbuhan tinggi sebesar 9,15 persen,” pungkasnya.