Bocoran APBD Kabupaten Pati tahun 2022 Diprioritaskan Penanganan Covid-19

0
36

SAMIN-NEWS.com, PATI – Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Pati bersama OPD saat ini masih menggodok mengenai program kegiatan yang ada di dalam nota keuangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2022.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) pada Dinas Komunikasi dan Informatika, Endah Murwaningrum menyampaikan bahwa keuangan daerah pada APBD Kabupaten Pati di tahun 2022 tetap diprioritaskan untuk penanganan Covid-19. Pihaknya menyebut anggaran OPD terkena refocusing selain untuk penanganan Covid-19 juga persiapan Pilkada di 2024.

“Anggaran tahun depan masih fokus untuk Covid-19 dan Pilkada. Jadi sampai 2024 diperkirakan anggaran OPD ya (masih) seperti ini,” kata Endah saat dihubungi Samin News, Jumat (19/11/2021).

Kendati demikian, pihaknya menyadari yang terpenting sekarang ini adalah aspek kesehatan masyarakat serta upaya pemulihan ekonomi dampak pandemi Covid-19 yang hampir dua tahun berjalan.

Sebab, tupoksinya adalah terkait informasi dan publikasi kegiatan pemerintahan maka pihaknya mengakui hal itu bisa diatasi.

“Low budget tapi tetap high impact (anggaran belanja yang rendah tapi membuahkan hasil yang signifikan) untuk selalu bisa menginformasikan dan mempublikasikan. Bisa memblow up dan membranding Pati, juga bisa publikasi kegiatan Pemkab dengan maksimal,” tegas Endah.

Ia menuturkan dari OPD beberapa anggaran memang direfocusing seperti pembelanjaan makanan dan minuman (makmin), belanja perjalanan dinas. Tetapi, menurutnya kegiatan tertentu bisa disiasati dengan penerapan teknologi digital.

“Saat ini prioritas kami untuk sosialisasi dan publikasi membantu vaksinasi Covid-19 (menyasar) lansia biar bisa segera naik level PPKM,” imbuhnya.

Pihaknya berharap pandemi Covid-19 segera berangsur pulih, pertumbuhan ekonomi juga naik sejalan dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat.