Anggota DPR RI Sudewo Salurkan Bantuan Bedah Rumah Tak Layak Huni

0
40
Bantuan bedah rumah program BSPS dari anggota DPR RI Fraksi Gerindra, Sudewo di Kecamatan Tlogowungu

SAMIN-NEWS.com, Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra, Sudewo kembali menyalurkan bantuan bedah rumah bagi masyarakat, tepatnya di wilayah konstituennya yakni di Kabupaten Pati. Bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) kali ini di Kecamatan Tlogowungu.

“Dari Komisi V DPR RI itu yang bermitra dengan PUPR ada program BSPS atau familiarnya itu disebut juga dengan bedah rumah. Untuk kali ini kami adakan sosialisasi bedah rumah di Desa Purwosari, Kecamatan Tlogowungu,” ujar Sudewo kepada awak media, Rabu (17/11/2021).

Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) pada dasarnya merupakan stimulan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang rumahnya tidak layak huni.

Program ini merupakan bantuan pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Pengerjaannya pun dilakukan dengan padat karya gotong royong bersama warga setempat.

Lebih lanjut, kata dia khusus di Kecamatan Tlogowungu, ada delapan desa yang mendapat bantuan BSPS ini. Dari 15 desa, itu 10 desa sudah menerima di tahun 2020 kemarin. Rata-rata per desa mendapat tujuh rumah dengan nominal bantuan per rumah senilai Rp 20 juta.

“Bantuan ini tidak ada potongan tidak ada pajak, Rp 17,5 untuk bahan material sementara Rp 2,5 juta. Meski belum disalurkan secara merata, tetapi target kami di tahun depan tiap desa memperoleh bantuan bedah rumah,” jelasnya

“Ketika desa di Tlogowungu jumlahnya 15 maka tinggal dikalikan tujuh rumah per desa hasilnya 105 untuk tahun 2022,” Sudewo menambahkan.