Vaksinasi Untuk Kalangan Pedagang Pasar Daerah di Pati

0
38
Antrean pedagang Pasar Puri untuk mendapatkan formulir untuk diisi data-datanya sebagai peserta vaksinasi, sehingga Kepala Pasar setempat, Kartono pun harus memanggil pedagang anggotanya berulang-ulang dengan alat bantu suara megaphone.(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Upaya memberikan suntikan vaksin I kepada para pedagang Pasar Puri Baru, mulai dilakukan Kamis (21/Oktober) hari ini. Hal tersebut dilakukan pihak Bidang Pengelolaan Pasar Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) dengan mengambil tempat koridor depan pasar daerah tersebut.

Untuk keperluan tersebut, papar Kabid yang bersangkutan Isrhoni didampingi Kepala Seksi (Kasi) Kebersihan dan Ketertiban Pasar Sukamto, pihaknya bekerja sama dengan pihak Puskesmas Pati I dengan disediakan vaksin sebanyak 500 ampul. Karena itu, jika tidak bisa dihabiskan hari ini karena pelaksanaannya dimulai pukul 07.30 s/d 11.30 atau sekitar selama 4 jam maka sisanya akan dimanfaatkan untuk hari berikutnya.

Selain Pasar Puri Baru, untuk Jumat  (22/Oktober) besok dimulai pada jam yang sama, tim akan berpindah di Pasar Rogowangsan. ”Dengan demikian, diharapkan pelaksanaannya juga bisa maksimal meskipun kepala pasar harus memanggil berulang-ulang pedagang yang seharusnya mendapat giliran, saat dipanggil ternyata tidak ada di tempat,”ujarnya.

Suasana pengecekan kondisi pedagang yang akan mendapat suntikan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi padagang Pasar Puri Baru, Kamis (21/Oktober) hari ini.(Foto:SN/aed)

Menghadapi kondisi seperti itu, lanjut dia, pihaknya bisa memahami karena pada jam-jam ramai pengunjung, pedagang tentu memilih tetap mengejar penjualan sehingga ketika dipanggil nama dan nomor urutnya tidak ada di tempat. Akan tetapi, saat tidak dipanggil tiba-tiba mereka muncul dan langsung masuk ke antrean.

Untuk mengurangi terjadinya situasi kerumunan, maka jajaran personel dari kepolisian pun dengan sigap menyerahkan formulir lengkap dengan lampiran fotokopi KTP untuk diisi kemudian diserahkan kepada petugas di meja lain. Sedangkan, personel dari pihaknya membantu mengatur antrean yang akan masuk ke ruang vaksinasi.

Selain di Pasar Puri Baru, untuk jadwal Jumat (22/Oktober) besok tim vaksinator bersama jajaran Bidang Pasar akan masuk ke Pasar Rogowangsan. ”Sedangkan Sabtu (23/Oktiber), kami akan berpindah ke Pasar Sleko, sehingga dengan demikian untuk para pedagang pasar daerah yang ada dalam Kota Pati selesai tahapan ini sudah mengikuti vaksinasi yang pertama,”imbuhnya.