Program Bedah Rumah BSPS, Anggota DPR RI Sudewo Berikan 20 Juta

0
59
Anggota DPR RI dari Partai Gerindra H. Sudewo, kembali memberikan program bantuan bedah rumah tidak layak huni bagi masyarakat Kabupaten Pati

SAMIN-NEWS.com, Anggota DPR RI dari Partai Gerindra H. Sudewo, kembali memberikan program bantuan bedah rumah tidak layak huni bagi masyarakat Kabupaten Pati. Bantuan bedah rumah ini diberikan secara simbolis saat sosialisasi program BSPS, di gedung serba guna, Desa Plangitan, Pati kota, Selasa (19/10/2021).

Lanjutan dari sosialisasi program BSPS bedah rumah untuk warga yang menerima bantuan tersebut. Sosialisasi ini merupakan kesekian kalinya, setelah sebelumnya juga dilakukan acara serupa di beberapa kecamatan.

Ia mengatakan, program bantuan bedah rumah pada tahun anggaran 2021 ini, sebanyak 2500 unit yang disalurkan. Dalam skemanya, seperti istilahnya yakni swadaya maka bedah rumah ini hanya sebagai dorongan stimulus dilakukan secara gotong royong.

Sebelumnya juga dilaksanakan sosialisasi serupa di beberapa kecamatan, di antaranya Dukuhseti, Tayu, Cluwak, Gunungwungkal, Trangkil dan Wedarijaksa, kemudian di Pati Kota. Lalu dilanjutkan esoknya, Kecamatan Juwana serta Batangan.

“Secara keseluruhan program bantuan BSPS pada tahun 2021 sebanyak 2500 unit. Terbagi 1800 sudah selesai di bulan April, dan sisanya 700 sekarang ini yang masih proses pembangunan,” kata Sudewo.

Kendati penerima memperoleh uang tunai, akan tetapi tidak bisa dicairkan semua yang bersangkutan. Pasalnya, uang tersebut dibagi ke toko material lalu kepada penerima bantuan untuk membayar pekerja.

“Penerima bantuan BSPS ini, masing-masing mendapat bantuan uang tunai Rp 20 juta. Adapun mekanisme pencairannya Rp 17,5 juta ditransfer ke toko bangunan yang ditunjuk, serta Rp 2,5 juta ditransfer ke rekening penerima untuk membayar upah pekerja,” imbuhnya.