Pemerintah Siapkan Peralihan Kendaraan Konvensional menuju Tenaga Listrik

0
38
Pemerintah menyiapkan segala sesuatunya kendaraan konvensional beralih tenaga listrik. Foto: Electric Bus-EV, Delima Jaya

SAMIN-NEWS.com, Direktur Prasarana Transportasi Jalan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) M.Risal Wasal mengatakan, pemerintah tengah menyiapkan segala sesuatunya menyambut peralihan penggunaan kendaraan konvensional menuju penggunaan tenaga listrik.

Pihaknya mengakui bahwa Kemenhub telah memulai menyiapkan peralihan tersebut pada tahun 2019 dan ditarget sampai dengan tahun 2030. Oleh karena itu, pemerintah pusat, daerah hingga pihak terkait selalu melakukan kerja sama dan koordinasi hingga penggunaan kendaraan tenaga listrik bisa terwujud.

“Indonesia sudah mempersiapkan perubahan (Konvensional ke listrik) dari mobil pribadi sampai dengan bus dimulai dari pemerintah pusat sampai dengan pemerintah daerah,” katanya dilansir Kompascom.

Hal tersebut diungkapkannya saat seminar daring yang mengangkat tema Electric Mobility: Future Indonesia Toward Zero Emission Buses In The Cities, Kamis (28/10/2021).

Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mencapai nol emisi karbon. Oleh karena itu, kendaraan di Indonesia termasuk kendaraan massal atau angkutan umum akan diganti dengan bahan yang ramah lingkungan.

“Prioritas mulai dari perkotaan, bandara, pariwisata, dan antar kota dengan program “Buy The Service” kita berharap kejayaan angkutan umum masal bisa kita wujuddkan kembali,” harapnya.