Pelajar di Karangsari Dilatih MS Office Oleh TBM Omah Buku Kosmasari

0
28
TBM Omah Buku Kosmasari menggelar pelatihan MS Office bagi para pelajar di Desa Karangsari, Cluwak, Jumat (22/10/2021).

SAMIN-NEWS.com, PATI – Seiring berkembangnya penggunaan teknologi dari masa ke masa memaksa semuanya harus segera beradaptasi dengan perkembangan tersebut. Maka dari itu, termasuk penggunaan berbagai software sudah sewajarnya diterapkan, termasuk Microsoft Office.

Aplikasi ini sangat membantu kaitannya dengan tulis-menulis, rekap data hingga berbagai macam laporan. Oleh karena itu, menjadi minat pengurus Taman Baca Masyarakat (TBM) Omah Buku Kosmasari untuk setidaknya mengenalkan hingga mengaplikasikan secara mahir kepada para pelajar.

Di sisi lain, pelaksanaan pelatihan MS Office ini merupakan satu dari sekian program yang dicanangkan TBM Omah Buku Kosmasari dalam agenda Kampung Literasi (KL) oleh Kemendikbud Ristek.

Ketua Panitia Kampung Literasi Karangsari, M. Walid Taufiq menyatakan tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut untuk melatih agar para peserta dalam hal ini adalah pelajar mempunyai skill mengoperasikan setidaknya dua aplikasi, yakni Word dan PPT.

“Untuk follow up-nya (tindak lanjut, red) nanti tiap hari kamis ada pelatihan berbasis TIK, ya, tadi mempraktikkan materi yang disampaikan oleh narasumber dari Diskominfo Pati,” ujar Walid.

Pelatihan tersebut, kata dia diikuti sebanyak 25 pelajar hingga mahasiswa Desa Karangsari. Bahkan, ada juga dari warga luar, di antaranya dari Kecamatan Keling, Jepara; Kecamatan Dukuhseti; Desa Payak, Ngawen dan Plaosan, Kecamatan Cluwak.

Segmentasi pelatihan MS Office ini adalah para pelajar. Pasalnya, mengingat pentingnya skill MS Office untuk bekal mereka di hari depan terlebih ketika memasuki dunia perguruan tinggi (PT).

Selain itu, Walid menambahkan para peserta dalam pelatihan kali ini tidak usah membawa alat yang diperlukan. Karena, para pengurus TBM Omah Buku Kosmasari telah menyediakan fasilitasnya, seperti laptop dan ini memudahkan peserta yang tak memilikinya.

“Mereka tak perlu repot-repot, sebab seperti laptop maupun mouse-nya sudah disediakan oleh pengurus TBM Omah Buku Kosmasari,” Walid menjelaskan.