Musim Pancaroba, BPBD Pati Waspadai Terjadinya Angin Kencang

0
56
Kepala BPBD, Budi Prasetya mewaspadai musim pancaroba datangnya hujan disertai dengan angin kencang

SAMIN-NEWS.com, PATI – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati mewanti-wanti terjadinya bencana saat memasuki musim Pancaroba. Masyarakat diminta untuk selalu waspada terhadap bahaya yang ditimbulkan, seperti angin kencang.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD, Martinus Budi Prasetya menyatakan saat ini kita masuk di bulan Oktober, di mana bulan Pancaroba peralihan musim kemarau ke musim penghujan. Diperkirakan musim hujan di bulan November depan.

“Yang terjadi saat musim pancaroba yang harus diwaspadai adalah hujan sedang sampai intensitas lebat berdurasi pendek antara 15 hingga setengah jam disertai dengan angin kencang, ini yang perlu diwaspadai,” kata Budi di kantornya kepada Samin News, Senin (18/10/2021).

Menurutnya, berdasarkan pengalaman pada tahun sebelumnya, justru angin puting beliung datang bersamaan hujan. Hal ini patut diwaspadai, terlebih di beberapa wilayah yang rawan.

Pihaknya mengatakan wilayah yang rawan terjadi angin kencang seperti Kecamatan Gabus yang kala itu merusak atap rumah warga.

“Kemudian beberapa wilayah Kecamatan Pucakwangi, Winong itu rawan potensi angin kencang karena disana tempat hamparan terbuka luas juga area persawahan,” beber Budi.

Lebih lanjut, Budi menyebut selain imbas merontokkan genteng atap rumah, juga biasanya angin kencang mampu menumbangnkan pohon. terutama pohon berumur tua dan rapuh dahannya. “Memang angin sulit diantisipasi, tapi minimal barangkali masyarakat dengan merimbasi pohon besar, dahan yang sekiranya membahayakan,” pungkasnya.