Camat Cluwak Siap Fasilitasi Kembangkan Pariwisata Tingkatkan Ekonomi

0
36
Camat Cluwak Agus Purwanto siap memfasilitasi pengembangan pariwisata

SAMIN-NEWS.com, PATI – Camat Cluwak, Agus Purwanto mengatakan hingga saat ini sudah cukup banyak desa yang menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan tingkat Desa (MusrenbangDes). Seperti Desa Medani, Payak, Gerit, Karangsari, Ngawen, Mojo dan Plaosan.

Forum rembug warga desa ini guna membicarakan masalah dan potensi desa agar teridentifikasi dengan baik untuk memberikan arah yang jelas atas tindakan yang layak menurut skala prioritas sebagai program tahunan desa.

Ia mengaku MusrenbangDes didominasi terkait usulan program pembangunan fisik. Selebihnya program pembangunan pengembangan kawasan objek wisata, misalnya di Desa Payak, Gerit dan Medani.

Menurutnya, pembangunan infrastruktur menjadi skala prioritas tetap dilaksanakan. Hal ini dimaksudkan untuk menopang serta mendorong peningkatan perekonomian masyarakat desa setempat.

“Rata-rata program pembangunan jalan (untuk mendukung) perekonomian. Jadi intinya kalau infrastrukturnya (jalannya) rusak pengangkutan hasil bumi terhambat,” ujarnya kepada Samin News, Senin (18/10/2021).

Terkait dengan pengembangan pariwisata, pihaknya berupaya agar kebutuhan masyarakat bisa terwujud. Selain itu, mendorong agar melebarkan sayap dalam rangka kerjasama dengan pihak-pihak terkait. Sehingga, kendala yang dialami khususnya dari segi pembiayaan bisa dicarikan solusinya.

“Kita minta untuk sinergi dengan desa-desa yang lain, kalau bisa dicarikan pendanaan dari sumber lainnya. tidak melulu dari  DD yang rata-rata untuk BLT DD yang belum boleh dialihkan,” paparnya.

“Diawali dengan kegiatan masyarakat setempat serta dimintakan dukungan luar, misalnya ke Disporapar bagi Desa Medani, Desa Gerit sinergi dengan Perhutani, Sedangkan untuk Payak dan Sentul baru dari lokal (swadaya, red),” tambah dia.