Mulai Ada Rekanan yang Memasukkan Penawaran Paket Jalan Bantuan Provinsi

0
38
Kepala Bagian (Kabag) Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Setda Pati, Sujono.(Foto:SN/aed)
  • SAMIN-NEWS.com, PATI – Sampai Selasa (12/Oktober 2021 kemarin, ada rekanan yang sudah memasukkan dokumen penawaran lelang pengadaan barang dan jasa (PBJ), untuk dua paket pekerjaan peningkatan ruas jalan. Adapun sumber dana untuk pembiayaan paket pekerjaan tersebut, adalah bantuan pemerintah Provinsi Jawa Tengah Tahun Anggaran 2021, sehingga waktu yang tersedia untuk melaksanakan paket pekerjaan tersebut diperkirakan hanya 60 hari kalender.

Akan tetapi untuk Rabu (13/Oktober) 2021 hari ini, papar Kepala Bagian (Kabag) Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Setda Pati, Sujono, pihaknya masih tetap memantau barang kali ada rekanan lagi yang memasukkan dokumen penawaran. Dengan demikian, rekanan yang melakukan hal tersebut besar kemungkinan masih bisa bertambah, dan hal tersebut ditunggu sampai Kamis (14 Oktober) pada jam kerja.

Sebab, besok pagi adalah merupakan batas akhir tahapan pemasukan dokumentasi penawaran yang akan dilanjutkan dengan pembukaan dokumen penawaran yang masuk dari para rekanan. ”Hanya saja, sampai siang tadi kami belum mengecek sudah ada penambahan rekanan yang memasukkan penawaran atau belum, sehingga hal itu tetap kami tunggu sebelum dilaksanakannya pembukaan penawaran,”tandasnya.

Menjawab pertanyaan, Sujono menegaskan, pihaknya belum bisa memastikan sudah ada penambahan rekanan yang memasukkan dokumen penawaran apa tidak. Karena itu, pihaknya juga tidak bisa berandai-andai bahwa sampai menjelang dilaksanakannya pembukaan penawaran, jumlah rekanan yang memasukkan dokumen penwaran bertambah atau masing-masing paket pekerjaan tetap hanya satu yang memasukkan penawaran.

Jika hal itu yang terjadi, maka pihaknya pun masih akan melihat bagiamana hasil evaluasinya mengingat dua paket pen ingkatan ruas jalan gtersebut alokasi anggarannnya cukup besar. ”Dengan demikian kondisi akses ruas jalan itu tentu sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang barang kali sudah lama menunggu pelaksanaan peningkatan ruas jalan itu,”imbuhnya.

Dalam kesempatan terpisah Kepala Seksi (Kasie) Jalan Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang  (DPUTR) Kabupaten Pati, Hasto Utomo, sejak awal pihaknya menyadari bahwa untuk paket pekerjaan Beketel, Kecamatan Kayen – Maitan, Kecamatan Tambakromo, hari kalender pelaksanaannya sangat terbatas, yaitu hanya 60 hari kalender. Demikian pula, untuk paket pekerjaan peningkatan ruas jalan Pohgading, Kecamatan Gembong hingga objek wisata Jolong.

Karena itu, jika alternatif terburuk tidak rekanan yang berani memasukkan dokumen penawaran besar kemungkinan pelaksanaan pekerjaannya adalah gagal. ”Jika hal tersebut sampai terjadi, kami sudah membuat catatan agar paket pekerjaan yang sumber dananya dari bantuan provinsi tersebut jangan dicoret dari daftar, untuk ditenderkan pada tahun anggaran berikutnya (2022),”ujarnya.