Mitigasi Kebencanaan, BPBD Bersama Relawan Dukuhseti Bentuk FPRB

0
86
BPBD Bersama Relawan Dukuhseti Bentuk FPRB

SAMIN-NEWS.com, PATI – BPBD Kabupaten Pati pada tahun 2021 ini membentuk forum masyarakat yang berfungsi untuk mitigasi serta mengurangi risiko kebencanaan. Terlebih, saat ini kehadirannya sangat penting di tengah kondisi peralihan musim kemarau ke musim penghujan.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Pati, Martinus Budi Prasetya mengatakan forum itu adalah Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) dengan pembekalan dan pelatihan Masyarakat Tangguh Bencana (Mastana) di Kecamatan Dukuhseti.

Menurutnya, di masa musim Pancaroba saat ini berpotensi rawan terjadinya angin puting beliung di wilayah Pati bagian selatan-tenggara. Selain itu, yang perlu diwaspadai adalah pergerakan tanah longsor atau pun banjir di wilayah Pati bagian utara.

“Maka BPBD bersama Muspika dan relawan di wilayah Dukuhseti membuat Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB),” katanya, Senin (18/10/2021) kemarin.

Di mana dalam forum itu, ia mengatakan perwakilan dari masing-masing desa dari wilayah hulu sampai hilir diberikan keterampilan dan pemahaman bagaimana mendeteksi awal kejadian kebencanaan.

“Sehingga meminimalisir risiko akibat dari bencana. Relawan diberikan pelatihan dan hal-hal yang sifatnya praktis. Dan kegiatannya itu sendiri adalah pembentukan Masyarakat Tangguh Bencana (Mastana),” ungkapnya.

Ia berharap dengan terbentuknya forum tersebut, agar ada komunikasi antara masyarakat di hulu dengan di bagian hilir. Manakala terjadi curah hujan yang tinggi diperkirakan berlangsung cukup lama antara 1-2 jam, kira-kira air turun dengan volume debit besar, masyarakat di hilir sudah siap.