Ketua DPR RI, Puan Maharani Minta Pemerintah Jelaskan Lebih Kewajiban PCR

0
54
Ketua DPR RI, Puan Maharani, foto: dok DPR RI

SAMIN-NEWS.com, Ketua DPR RI, Puan Maharani menilai kebijakan pemerintah terkait penerapan tes PCR bagi pelaku perjalanan moda transportasi udara atau pesawat justru menimbulkan kebingungan di tengah masyarakat.

Pemerintah mewajibkan pelaku perjalanan pesawat harus menunjukkan bukti negatif Covid-19 dengan skema PCR. Meskipun, telah mengikuti vaksinasi Covid-19. Hal ini yang mengundang kebingungan.

“Pemerintah harus memberikan penjelasan kepada masyarakat terkait peraturan Inmendagri Nomor 53 Tahun 2021,” ujar Ketua DPR RI Puan Maharani, di akun Twitter miliknya, @puanmaharani_ri.

Di samping itu, syarat mampu menunjukkan negatif Covid-19 itu jika memang untuk mengatasi penyebaran pandemi Covid-19, maka seharusnya juga berlaku pada moda transportasi lainnya.

Menurutnya, tes PCR jika adalah solusi terbaik bagi pelaku perjalanan untuk menangani pandemi. Ia meminta harga yang dipatok harus terjangkau dan sebisa mungkin ditekan hingga biayanya kecil.

“Jika syarat tes PCR bagi pelaku penerbangan adalah solusi terbaik maka harga PCR test harus ditekan dan seragam di seluruh daerah,” lanjut Puan.

Kendati demikian, pandemi Covid-19 adalah persoalan yang harus ditangani dengan maksimal. Pasalnya faktor kesehatan dan keselamatan masyarakat merupakan unsur yang sangat penting.

“Utamakan keselamatan masyarakat, jangan sampai kasus Covid-19 naik lagi, tapi juga jangan membuat peraturan yang membingungkan dan memberatkan,” Puan menambahkan.