Kemenkop Gandeng IKEA Indonesia Tingkatkan Pasar UKM

0
15
Foto bersama antara Kemenkop UKM dengan IKEA Indonesia saat acara penandatanganan MoU dalam opening ceremony Toko IKEA Jakarta Garden City. Foto: dok Kemenkopukm

SAMIN-NEWS.com, Kementerian Koperasi dan UKM bersinergi dengan PT IKEA Indonesia untuk meningkatkan sektor UKM lokal. Kerjasama ini dalam mendukung promosi dan pemasaran produk UKM sektor kerajinan, fashion, dan personal care melalui program Teras Indonesia.

IKEA merupakan perusahaan yang bergerak di bidang furniture atau perabot rumah tangga. Terlebih, banyak daerah di Indonesia menjadi sentra furniture. Artinya, UKM di bidang mebel bisa merambah dan memperluas jaringan pemasaran produknya.

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKP) Teten Masduki, mengungkapkan kerjasama antara pemerintah dengan perusahaan besar furniture ini merupakan momentum untuk mendorong produk UKM naik kelas.

“Ini sekaligus mengangkat narasi produk UKM Indonesia dengan kualitas yang tidak kalah saing dengan brand besar,” kata Teten dikutip dari laman Kemenkop UKM, saat Penandatanganan MoU Kemenkop UKM dengan IKEA Indonesia di Jakarta, Kamis (30/9/2021).

Dalam kesempatan ini, pihaknya berharap IKEA mampu menyerap lebih banyak lagi produk UKM lokal. Menurutnya, hal ini bisa dilakukan bersama-sama seperti Pendampingan, pelatihan, kurasi dan research and development guna menghasilkan produk sesuai minat pasar.

Lebih lanjut, Teten berharap tidak hanya dari IKEA, melainkan perusahaan-perusahaan lain agar mampu berkolaborasi pemerintah menyerap produk UKM. Sehingga, promosi dan pemasaran produk UKM menembus pasar global.

“Saya ingin mengajak perusahaan besar lain untuk terus bersinergi bersama pemerintah dalam upaya mendorong UKM masuk dalam rantai pasok nasional dan internasional sehingga UKM Bangkit, Indonesia Tangguh,” kata Teten.