Kades Karangawen Akui Pembangunan Desa Sulit Tanpa Bantuan Program TMMD

0
16
Kades Karangawen, Sutiyono mengaku sulit melaksanakan pembangunan jalan tanpa dibantu program TMMD oleh TNI-Polri

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kades Karangawen, Sutiyono, mengaku bangga dengan hadirnya program TMMD di desanya. Pasalnya, pembangunan jalan yang dirasa sulit dijangkau untuk dikerjakan tetapi bisa diwujudkan melalui program TNI-Polri tersebut.

“Kami ucapkan terima kasih kepada TNI-Polri dengan program TMMD ini, sehingga pembangunan pengecoran jalan yang semula sulit dijangkau bagi kami namun bisa diwujudkan,” ujar Sutiyono seusai penutupan program TMMD Tahap III, Kamis (14/10/2021).

Sasaran dalam pelaksanaan program TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2021 meliputi sasaran fisik yakni pengecoran jalan dengan volume panjang 825 meter dengan lebar 2,5 meter. Selain di Desa Karangawen, Kecamatan Tambakromo, program TMMD tahap III juga menyasar di Desa Wedusan, Kecamatan Dukuhseti.

Sutiyono menyebutkan ketidakmungkinan itu, berubah 180 derajat. Dibuktikan pengecoran jalan untuk menuju rintisan desa wisata termasuk penghubung antar desa bisa terlaksana.

Tujuannya dimaksudkan meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat dengan kriteria sasaran berupa daerah pedesaan khususnya di daerah yang tertinggal, miskin, terisolir, terpencil, daerah perbatasan maupun daerah kumuh.

Kades Sutiyono menjelaskan rintisan desa wisata Karangawen yang dimaksud adalah Desa Wisata Alam dipadu dengan tanaman buah. Sehingga pada saatnya nanti akses ke lokasi bisa lancar. Sementara untuk operasi wisata alam, kata dia masih menunggu pohonnya sudah berbuah dan layak untuk disajikan, kalau saat ini masih kecil.

“Dengan rintisan desa wisata alam berdampak pada masyarakat, seperti harga jual tanah naik, kelancaran transportasi, juga untuk aktivitas sepedaan masyarakat, jadi ramai,” tuturnya.