Jalan Tol Solo-DIY Ditarget Operasi pada 2023

SAMIN-NEWS.com, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) telah memulai pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Yogyakarta Internasional Airport (YIA) Kulon Progo sepanjang 96,57 KM.

Berdasarkan informasi pada akun resmi media sosial milik PUPR, pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Bandara YIA Kulon Progo terdiri dari tiga sesi, yakni sesi I Kartosuro-Purwomartani sepanjang 42,37 Km, sesi II Purwomartani-Gamping sepanjang 23,43 Km dan Sesi III Gamping-Purworejo sepanjang 30,77 Km.

Pembangunan jalan tol tersebut terus dikebut hingga bisa segera dioperasikan. Paling tidak, pada tahun 2023 jalan tol penghubung antara Solo dengan DIY itu akan dioperasikan secara bertahap.

“Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Bandara YIA Kulon Progo yang memiliki 9 simpang susun direncanakan akan dioperasikan secara bertahap pada 2023 dan ditargetkan beroperasi penuh pada 2024 mendatang,” bunyi informasi tersebut.

Jalan tol yang menghubungkan Provinsi Jawa Tengah dengan DI Yogyakarta ini diharapkan akan memperlancar konektivitas dan meningkatkan perekonomian masyarakat karena akan tersambung dengan Tol Trans Jawa ruas Semarang-Solo.

“Selain itu juga akan meningkatkan aksesibilitas menuju kawasan pariwisata di bagian selatan Pulau Jawa seperti Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Borobudur,” terang informasi terkait.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Pemerintah Target Tuntaskan Pengentasan Kemiskinan Ekstrim Tahun 2024
Next post Hari Terakhir Pelaksanaan ANBK di SMP Negeri 4 Pati
Social profiles