Hari Terakhir Pelaksanaan ANBK di SMP Negeri 4 Pati

0
67
Tampak depan gedung SMP Negeri 4 Pati

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) secara serentak telah dilaksanakan di seluruh Indonesia. Termasuk diikuti oleh SMP Negeri 4 Pati yang menggelar ANBK, secara implementasi dibagi dua sesi dimulai tanggal 4-5 dan 6-7 Oktober 2021.

Kepala SMP Negeri 4 Pati, Mulyono mengaku pelaksanaan ANBK tetap mengacu pada penerapan protokol kesehatan yang ketat. Hal ini sebagai bentuk antisipasi sekolah utamanya adalah mengendalikan penyebaran Covid-19.

“Misalnya para siswa diwajibkan untuk diantar oleh orang tuanya. Ini mengantisipasi dari interaksi siswa saat di luar sekolah,” kata Kepala SMP Negeri 4 Pati, Mulyono saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (7/10/2021).

Jumlah peserta ANBK di Sekolah ini diikuti sebanyak 50 siswa. Peserta dibagi dua sesi guna untuk lebih efektif pelaksanaannya. Peserta ANBK tersebut adalah khusus kelas VIII, dengan rincian 45 siswa utama dan 5 lagi sebagai cadangan.

“Terdiri tiga kelas masing-masing diikuti 15 siswa dengan total 45 orang, sementara 5 siswa lainnya itu adalah cadangan, ketika saat pelaksanaan mengalami gejala sakit,” ujarnya.

Alhamdulillah pelaksaan ANBK berjalan lancar, siswa tidak ada yang sakit. Baik Kepala Sekolah dan bapak/ibu guru turut serta mengikuti salah satu instrumen ANBK, yaitu Survei Lingkungan Belajar,” tambah dia.

Adapun untuk hari terakhir pelaksanaan ANBK ini dengan jadwal Asesmen Numerasi dan Survei Lingkungan Belajar.

Sebagai informasi Asesmen Nasional ini dilaksanakan dalam tiga instrumen utama yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar.