GNOTA dan BAZNAS Pati Berikan Bantuan Uang Tunai bagi Pelajar

0
41
Penyerahan Bantuan Anak Asuh dari Lembaga GNOTA dan Baznas di Pendopo Kabupaten Pati, Selasa (26/10/2021).

SAMIN-NEWS.com, PATI – Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (Gnota) bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pati menyalurkan bantuan sosial bagi pelajar di Kabupaten Pati. Sebanyak 210 pelajar dari berbagai jenjang menerima uang tunai.

Bantuan sosial itu, pelajar yang kurang mampu menerima uang tunai dengan beragam tergantung dari jenjang pendidikan pelajar. Mulai dari sebesar Rp 350 s/d Rp 550 ribu.

Ketua Gnota, Musus Indarnani Hariyanto mengatakan bantuan uang tunai ini ditujukan bagi pelajar dari keluarga yang kurang mampu dan membutuhkan uluran tangan. Sehingga, mereka masih mempunyai rasa semangat dalam menempuh pendidikan.

“Untuk meringankan dan membantu anak asuh dari  kelurga tidak mampu atau miskin yang masih duduk di jenjang sekolah sd hingga sma. Agar anak tidak putus sekolah,” ujarnya, saat acara penyerahan bantuan secara simbolis di Pendopo Pati, Selasa (26/10/2021).

210 siswa yang kurang mampu tersebut terdiri dari 125 anak asuh setingkat SD dari 20 SDN dan 6 MI memperoleh bantuan Rp 350 ribu. 60 anak asuh setingkat SMP, yakni dari 3 SMP N dan 3 MTs dengan besaran Rp 450 ribu.

25 anak asuh setingkat SMA terdiri dari 2 SMAN, 2 SMK dan 1 SMK dengan perincian masing-masing sebesar Rp350 ribu dari GNOTA dan Baznas Rp200 ribu. “Sumber dari APBD Kabupaten Pati tahun anggaran 2021 dan Baznas,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Pati Haryanto menyatakan meski dilihat dari nominalnya tidak seberapa, namun ini bisa menambah motivasi pelajar guna memenuhi kebutuhan sekolah. Selain itu, mereka juga selalu diperhatikan oleh banyak pihak yang konsen terhadap dunia pendidikan, terlebih di masa sulit wabah pandemi sekarang ini.

“Semoga bermanfaat, kami mendoakan kepada semuanya. Semoga pendidikan kembali normal. Covid-19 sudah melandai tetapi protokol kesehatan harus tetap dijalankan,” kata Haryanto