Gandrung Swara Al Ghiffari ; Juara I Lomba Dalang Anak Se-Eks Karesidenan Pati

0
219
Foto bersama dewan yuri dan dalang anak-anak yang tamil pada hari ketiga dalam Lomba Dalang Anak dan Remaja se-Eks Karesidenan Pati, Sabtu (23/Oktober) kemarin (atas). Dewan yuri saat membacakan hasil lomba di hari terakhir, kemarin (bawah).(Foto:SN/dok-tok)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Tampil di hari kedua dalam Lomba Dalang Anak dan Remaja Se-Eks Karesidenan Pati, Jumat (22/Oktober) 2021 lalu di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Pati, Gandrung Swara Al Giffari (Pati) membawakan lakon ”Gatotkaca Lahir.” Oleh Dewan Yuri diketuai Widodo dari Pepadi Jawa Tengan dengan anggota Haryadu dari ISI Solo dan dalang senior dari Pati, Ki Muharso, memberikan nilai total 1.045.

Dengan demikian, dalang anak yang bersangkutan berhak menyadang gelar sebagai juara I dalam Lomba Dalang Anak dan Remaja Se- Eks Karesidenan Pati yang berlangsung sejak Kamis (21) s/d Sabtu (23/Oktober) 2021 di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Pati. Sebanyak 16 dalang anak, masing-masing dari Pati (13) disusul dari Rembang (1), Blora (1) dan Jepara (1) ikut ambil bagian dalam lomba tersebut, dalam rangka peringatan Hari Wayang Nasional, 7 November mendatang.

Keberhasilan tersebut, sudah pasti peraih juara I ini menyisihkan 15 dalang cilik pesaingnya yang rata-rata mempunyai kelebihan masing-masing. Akan tetapi, dewan yuri tentu juga mencatat apa yang menjadi kekurangan mereka sebelum memutuskan peserta yang layak meraih juara I, yaitu Gandrung Swara Al Giffari.

Juara I Lomba Dalang Anak dan Remaja Se-Eks Karesidenan Pati, Gandrung Swara Al Giffari.(Foto:SN/dok-tok)   

Sementara itu, peserta dengan nomor undi 1 yang tampil pada hari pertama, Kamis (21/Oktober) lalu, Ageng Purwa Carita juga dari Pati membawakan lakon ”Abimanyu Gugur” berhasil meraih nilai 975. Sehingga dalang anak ini berhasil meraih juara di urutan II, dan juga sudah barang tentu setelah bersaing ketat dengan para peserta lomba lainnya.

Juara II Lomba Dalang Anak dan Remaja Se-Eks Karesidenan Pati, Ageng Purwa Carita (Foto:SN/dok-tok)

Untuk posisi jura III dengan perolehan nilai 932 adalah Kevin Bisma Syaputra yang tampil di hari ketiga, Sabtu (23/Oktober) kemarin dengan nomor undi 13. Kevin, sapaan akrabnya membawakan lakon ”Gatutkaca Cedhi”, di mana setiap peserta penampil hanya dibatasi dengan durasi waktu satu jam.

Juara III Lomba Dalang Anak dan Remaja Se-Eks Karesidenan Pati, Kevin Bisma Syaputra (Rembang).(Foto:SN/dok-tok)

Berakhirnya Lomba Dalang Anak ini, maka mulai Senin (25/Oktober) besok sampai Rabu (27/Oktober) 2021 ganti giliran pelaksanaan lomba Dalang Remaja juga Se-Eks Karsidenan Pati yang juga berlangsung di tempat sama. Sesuai informasi, sebanyak 9 dalang remaja juga akan saling mengadu kemampuan dengan para pesaingnya, dan tiap hari akan ditampilkan tiga peserta.