Dermaga Tambat Kapal Tuntas Sebelum Hari Kalender Berakhir

0
46
Pekerjaan pembesian plat/lantai dermaga tambat kapal di kawasan Pulau Seprapat terus berlanjut agar bisa segera melakukan pengecoran.(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dipastikan pelaksanaan paket pekerjaan dermaga tambat kapal, di kawasan Pulau Seprapat Juwana akan tuntas sebelum berakhirnya hari kalender, yaitu 30 November 2021 mendatang. Apalagi, lantai/plat dermaga yang sudah dilakukan pengecoran beton mencapai 500 meter lebih, dan cetak sementara beton (begisting) yang sudah siap dilakukan pembesian tidak kurang dari 100 meter.

Jika untuk pekerjaan pembesian cetakan sementara beton sepanjang itu selesai, papar koordinator kelompok pekerjaan pembuatan ”begisting”, Ubaidilah, maka pengecoran material betonnya sudah bisa dilaksanakan. Dengan demikian, panjang dermaga keseluruhan yang sudah dilakukan pengecoran sudah mencapai 600 meter lebih.

Di sisi lain, timnya saat ini juga sudah mulai menggarap pekerjaan pembuatan cetakan sementara beton untuk panjang dermaga terakhir yang panjangnya lebih dari 50 meter. ”Karena itu seluruh pekerjaan untuk lantai/plat dermaga yang keseluruhan panjangnya mencapai 670 meter tersebut diperkirakan bisa tuntas dalam waktu sekitar 20 hari lagi,”ujarnya.

Bagian dermaga terakhir yang sudah mulai dikerjakan untuk pembuatan cetakan sementara betonnya (atas) dan juga pembuatan dinding penahan di atas ”sheet pile” serta pemasangan angkur (bawah) juga mulai dikerjakan.(Foto:SN/aed)

Jika khusus pekerjaan dermaga masih membutuhkan waktu sekitar 20 hari lagi, lanjutnya, maka hal itu akan berakhir sekitar awal November mendatang. Sedangkan hari kalendernya akan berakhir tanggal 30 dibulan yang sama, sehingga masih tersedia waktu lebih dari 25 hari, dan hal tersebut untuk menuntaskan pekerjaan finishing atau pembenahan bagian-bagian hasil pekerjaan yang kurang maksimal.

Di sisi lain, untuk pekerjaan kelengkapan yang juga sudah dikerjakan memang masih ada seperti pemasangan dinding penahan ”sheet pile” yang di atasnya terdapat ”caping bean” dengan ketinggian 20 cm meter persegi. Selebihnya ada juga pemasangan angkur pada jarak tiap 10 meter juga sudah mulai dikerjakan oleh bagian masing-masing.

Dengan demikian, jika bagian-bagian tersebut semua sudah mulai dikerjakan sekarang maka hari-hari kalender terakhir untuk bagian pekerjaan tersebut bisa dituntaska. ”Selebuhnya, masih ada pekerjaan pembuatan dermaga khusus yang menjadi bagian dari keseluruhan pekerjaan, yaitu dermaga untuk tambat kapal patroli Angkatan Laut (AL),”imbuhnya.