Bidang Kebersihan di Bawah Naungan DLH Tahun 2022

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pati Mokhamad Tulus Budiharjo mengatakan di tahun 2022 mendatang ada peralihan bidang di bawah Lingkungan Hidup. Peralihan bidang ini adalah Bidang Kebersihan juga seksi pertamanan.

Peralihan itu ia mengaku sudah diatur melalui Peraturan Bupati.

“Tahun 2022 ada penambahan bidang yang semula di bawah Dinas Pekerjaan Umum beralih ke DLH yaitu bidang kebersihan dengan seksi pertamanan untuk Perbup-nya sudah ada,” kata Tulus di kantornya, Rabu (6/10/2021).

Menurutnya, peralihan bidang Terkait dengan ini kita koordinasi intensif kepada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) juga dengan BPKAD dari sisi anggaran dinas.

Lebih lanjut ia mengatakan di DLH nantinya masuk di bidang Kebersihan dan Pertamanan, ke depannya ada seksi pengolahan sampah yang secara tupoksinya masuk disinkronkan di bidang tersebut.

Penanganan sampah, kata dia akan diprioritaskan mengingat persoalan sampah di Kabupaten Pati cukup urgent. Karena yang perlu konsentrasi di sektor pengolahan sampah secara serius. Utamanya masih ada pola-pola pembuangan sampah liar yang dilakukan masyarakat.

“Kita akan tingkatkan lagi bank sampah melalui Bank Sampah Induk (BSI) di Kutoharjo dari tahun ke tahun sampah yang didaur ulang semakin meningkat,” ujar Tulus.

Meski pengolahan sampah di bank induk tersebut menunjukkan peningkatan, Namun demikian volume sampah di masyarakat juga semakin meningkat. Hal ini disebabkan karena pola hidup praktis dan konsumtif.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Ketua Koni Pati: Dalam Pertandingan Junjung Sportivitas
Next post Peneliti BRIN Ingin Tiru Jepang Batasi Penggunaan Air Cegah Penurunan Tanah
Social profiles