Rekanan Pelaksana Paket Pekerjaan Dermaga Tambat Kapal Agar Menambah Pekerja Pembuatan Begisting

0
19
Selesai tahapan pembuatan cetakan beton sementara (gegisting) untuk dermaga tambat kapal di kawasan Pulau Seprapat Juwana (atas), langsung diikuti dengan penataan kerangka besinya (bawah).

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati, H Darno minta, agar rekanan rekanan pemenang tender paket pakerjaan dermaga kolam tambat kapal di kawasan Pulau Seprapat Juwana, untuk segera menambah jumlah personel pekerja. Utamanya, untuk pekerjaan khusus pembuatan cetak beton sementara (begisting), untuk menghindari munculnya permasalahan nonteknis.

Sedangkan yang menyangkut progres pekerjaan, paparnya, dia menilai hal tersebut tidak dalam kondisi di bawah perencanaan yang berarti, untuk pekerjaan teknis progresnya tetap maksimal. Kendati demikian, pihaknya menekankan untuk sementara hal-hal yang nonteknis juga harus menjadi bahan pertimbangan di lapangan, sehingga hal itu tidak bisa dibaikan.

Masalahnya, sekarang dari sisi cuaca seharusnya memang dalam kondisi puncak musim kemarau, tapi mendadak tidak pada waktu pagi, siang, sore, dan malam juga mendadak turun hujan. ”Padahal di lokasi proyek tersebut, masih terdapat lahan tanah untuk bekerja dan juga untuk lalu-lalang kendaraan bermuatan berat,” ujarnya.

Dengan demikian, lanjutnya, saat hujan maupun habis hujan ada kendaraan truk besar bermuatan berat jenis tronton berada di lokasi, karena habis menurunkan meterial, utamanya besi, untuk kerangka dermaga, ternyata tidak bisa keluar. Sebab, lahannya yang ada menjadi becek sehingga jika dipaksakan maka truk maupun kendaraan berat lainnya akan terperosok.

Jika hal itu yang terjadi, sudah barang tentu akan menjadi penghambat pelaksanaan pekerjaan sehingga paling aman untuk keseluruhan saat ini, yaitu bila pelaksanaan pekerjaan pemasangan/pembuatan begisting lebih diutamakan, karena mengingat kondisi cuaca. ”Maksimalnya hasil pekerjaan tersebut, maka tahapan berikutnya bisa diikuti dengan pembesian, dan terakhir pengecoran lantai dermaga,” imbuhnya.

Diminta tanggapannya secara terpisah, pelaksana lapangan rekanan yang bersangkutan, Abdul Kholik memaparkan, untuk pengecoran lantai dermaga sampai Selasa (14/September) kemarin sudah mencapai panjang 211 meter, dan pembuatan begisting lainnya sudah diselesaikan 140 meter lebih. ”Dengan demikian total panjang sudah mencapai separuhnya, yaitu 350 meter, dan penanaman sheet pile untuk angkur dermaga juga sudah mulai dikerjakan,” paparnya.