Menteri BUMN Ingin UMKM Ditempatkan sebagai Subjek dalam Pembangunan Perekonomian

0
31
Menteri BUMN, Erick Thohir. (Foto: CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan).

SAMIN-NEWS.com, Dalam pembangunan nasional mengangkat perekonomian sektor UMKM, pelaku UMKM diminta tidak dijadikan sebagai objek perekonomian itu sendiri. Mindset demikian harus dibuang jauh, tetapi UMKM menjadi pelopor yaitu sebagai subjek.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir dalam ceremony Rights Issue BRI, Rabu (29/9). Menurutnya mindset ini sebagai alarm agar dipahami bersama, UMKM sebagai subjek dan harus dibantu mengembangkan usahanya.

“Ini warning (peringatan) bahwa UMKM bukan objek melainkan subjek yang harus dibantu. Perusahaan negara harus menjadi motor penggerak bangkitnya perekonomian Indonesia,” ungkapnya.

Selain meminta UMKM adalah sebagai pelaku sebagai subjek, ia berharap korporasi negara mampu mengangkat Bursa Efek Indonesia (BEI) menjadi yang terbaik se-Asia Tenggara.

Ia menyebut ingin BUMN seperti PT BRI (Persero) Tbk. Sebagai contoh rights issue hari ini, tercatat 28,2 miliar saham baru yang ditawarkan sudah terserap di pasar seluruhnya. Dari sana terhimpun dana sebesar Rp95,9 triliun dengan capaian oversubscribed atau pemesanan berlebih 1,53 persen.

Oleh sebab itu, korporasi negara bisa menempatkan sebagaimana presisi yang pas, maka perekonomian nasional bisa baik. Dengan kehadiran UMKM sebagai basis subjek bukan objek.