Masjid Jemaah Ahmadiyah di Sintang, Kalimantan Barat Digeruduk Massa, Bangunan Rusak dan Terbakar

0
13

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sejumlah massa menggeruduk jemaah Ahmadiyah di masjid Desa Balai Harapan, Kecamatan Tempunak, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat (Kalbar), Jumat (3/9/2021), aksi massa itu merusak bangunan masjid hingga dibakar.

Menurut Kabid Humas Polda Kalbar, Kombes Pol Donny Charles mengatakan meski tidak ada korban jiwa, namun aksi massa tersebut yang berjumlah 200 orang melempari bangunan masjid menjadi rusak serta di bagian belakang mengakibatkan krbakaran.

Aksi massa itu membuat pihak kepolisian setempat mengerahkan pasukannya untuk menjaga lokasi kejadian. Ia mengaku pasukan gabungan TNI-Polri diterjunkan untuk mengamankan situasi.

“Saat ini gabungan TNI dan Polri berjumlah lebih dari 300 personel sudah berada di lokasi kejadian,” ujarnya dikutip Kompascom, Sabtu (4/9/2021).

Situasi di lokasi kejadian sekarang ini, kata Donny sudah berangsur membaik dan kondusif. Aparat berhasil mengendalikan situasi, terlebih mereka yang tergabung dalam aksi massa sudah pada balik.

Kendati demikian, menurutnya sebanyak 72 jemaah Ahmadiyah kini oleh aparat sedang dijaga guna memberikan perlindungan keamanan dari suatu waktu terjadi aksi serupa.