Kasus Covid-19 Harian Indonesia di Bawah Negara Asean

0
7
Ilustrasi pasar tradisional dibuka dengan menerapkan prokes, diatur penjagaan jarak.

SAMIN-NEWS.com – Joko Widodo, Presiden RI mengatakan jumlah kasus Covid-19 belakangan ini menunjukkan penurunan. Hal ini dilihat dari kasus harian di Nusantara dengan persentase 13 persen, angka ini menunjukkan Indonesia di bawah negara Asean.

“Persentase kasus harian sebesar 13,6 kasus harian per 1 juta, jauh di bawah negara-negara tetangga kita ASEAN,” kata Jokowi saat berpidato di UOB Economic Outlook 2021, Rabu (15/9).

“Kasus Covid-19 terus menunjukkan tren penurunan. Kita sangat optimis, tetapi kita juga tetap harus selalu waspada,” Jokowi menambahkan.

Berdasarkan data yang diterimanya, pertengahan Juli, Indonesia melaporkan sekitar 56 ribu kasus sehari. Pada 13 September, tambahan kasus baru sejumlah 2.577 kasus, positivity rate harian 2,64 persen dan tingkat kesembuhan mencapai 94,03 persen.

Melihat perkembangan situasi Covid-19 berangsur menunjukkan penurunan itu, Ia tetap mengingatkan agar masyarakat selalu tetap waspada. Penerapan prokes ketat sebagai kebiasaan baru.

Sebab, kata Jokowi pemerintah menprioritaskan kesehatan masyarakat yang utama. Kemudian, upaya stabilisasi perekonomian. Oleh karena itu, secara bertahap, bagi daerah berada pada ppkm level 1 sampe 4 itu di antaranya ada kelonggaran bagi usaha.

“Pemerintah melakukan sejumlah uji coba dan membolehkan buka dengan aturan dan protokol yang ketat,” pungkas Jokowi.