Jumlah Wisatawan Masuk ke Indonesia Periode Juli Menunjukkan Kenaikan

0
26

SAMIN-NEWS.com, PATI – Berdasarkan periode bulanan jumlah pengunjung wisatawan mancanegara (Wisman) masuk ke Indonesia pada Juli 2021 naik. Kendati secara hitung tahunan jumlah Wisman ke Indonesia merosot.

Hal tersebut diungkapkan Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Setianto saat konferensi pers yang berlangsung secara virtual, Rabu (1/9). Menurutnya, pada Juli jumlah Wisman naik dari bulan sebelumnya atau Juni 2021.

“Jumlah wisman meningkat 1,25 persen, ini relatif tidak begitu besar. Mereka masuk banyak yang memilih melalu jalur darat dengan persentase 67 persen,” ungkap Setianto.

Ia menjabarkan para Wisman masuk ke RI melalui darat itu sebanyak 92.971 kunjungan. Dari jalur laut sebesar 38.821 kunjungan dengan setara 28 persen. Sedangkan dari jalur udara berjumlah 7.175 kunjungan atau 5 persen.

Kunjungan para turis tersebut menurut catatan BPS didominasi dari negara Asia Tenggara atau kata lain negara tetangga. Lebih dari 50 persen para turis itu mencakup kawasan Asia Tenggara, selebihnya dari negara lain.

“Mayoritas turis berasal dari para negara tetangga, seperti Timor Leste mencapai 55,2 persen dari total dan Malaysia 32,4 persen. Sisanya berasal dari China 2,3 persen dan negara-negara lain,” jelasnya.