Dispermades Dukcapil Provinsi Jawa Tengah Gandeng Pertamina dan Sidomuncul Kembangkan Potensi Desa

0
26
Kabid Pengembangan Desa Dispermades Dukcapil Provinsi Jawa Tengah, Sri Rejeki (kiri) memaparkan potensi kerjasama desa dengan Sidomuncul dan Pertamina di Balaidesa Langse, Kamis (23/9/2021)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Upaya mendorong kemajuan perekonomian pemerintah desa, bisa melalui kerjasama antara beberapa desa yang saling komitmen untuk menggali potensi di daerahnya masing-masing. Dalam hal ini berada satu wadah yakni Bumdesma.

Kepala Bidang Pengembangan Desa pada Dispermades Dukcapil Provinsi Jawa Tengah, Sri Rejeki, mengatakan kerjasama beberapa desa ini guna memaksimalkan potensi sumber daya yang dimiliki.

Bahkan, menurutnya jika memang diperlukan dalam menemukan potensi serta menggarapnya, kerjasama ini bisa menggandeng pihak ketiga. Dan tentunya, di antaranya mewujudkan meningkatkan perekonomian desa.

“Kerjasama desa ini juga bisa menggandeng pihak ketiga. Oleh karena itu dalam pertemuan ini kita mengundang PT Sidomuncul dan PT Pertamina,” ujar Sri saat acara Rakortek Kerjasama Desa dari Dispermades Dukcapil di Balaidesa Langse, Margorejo, Kamis (23/9/2021).

Acara ini merupakan koordinasi teknis terkait bagaimana menjalin kemitraan dengan perusahaan besar, utamanya adalah dua perusahaan, yakni Sidomuncul dan Pertamina.

Kegiatan kali ini diikuti oleh beberapa kepala desa dari dua kecamatan di antaranya Kecamatan Margorejo dan Kecamatan Gembong. Pasalnya, di wilayah keduanya ini mempunyai potensi besar terkait bahan rempah-rempah atau biasa disebut empon-empon.

Sementara, Kepala Bidang Pengembangan Desa Dispermades Kabupaten Pati, Wulandari Dyah Suryanti memaparkan potensi di Kabupaten Pati mulai dari pertanian hingga perkebunan luar biasa. Hal ini bisa menjadi modal membangun kemitraan dengan dua perusahaan tersebut.

Pihaknya memetakan beberapa potensi yakni agropolitan terletak di Desa Pohgading, Gembong, Plukaran, di Kecamatan Gembong. “Di sana produk unggulan seperti jeruk pamelo dan kopi yang potensial. Karena di Kecamatan Gembong termasuk dataran tinggi,” kata Yanti.

“Kemudian potensi Kelautan dari Kecamatan Dukuhseti sampai Juwana. Selain itu potensi pertanian kawasan bawang merah ada 3 wilayah, di Kecamatan Wedarijaksa, Trangkil dan Jaken,” imbuhnya.