Camat Juwana Dukung Pemberdayaan Masyarakat KMPP Yogyakarta di Desa Kedungpancing

Camat Juwana, Sunaryo

SAMIN-NEWS.com, PATI – Camat Juwana, Sunaryo mengungkapkan terimakasihnya terhadap upaya sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa Pelajar Pati (KMPP) Yogyakarta atas dedikasi pengabdian masyarakat di Desa Kedungpancing.

Pengabdian KMPP Yogyakarta di Desa Kedungpancing ini dalam bentuk Bina Desa Lentera Hilir Silugonggo: Menuju Desa Wisata Edukatif. Langkah ini dimaksudkan menggali dan mengembangkan potensi sumber daya alam lokal, utamanya di alur Kali Silugonggo.

Menurut Sunaryo, pergerakan yang dilakukan oleh KMPP Yogyakarta mempunyai impak positif, hal ini kaitannya dengan program pemberdayaan masyarakat sekitar.

“Kami terima kasih kepada anak-anak dari  KMPP Yogjakarta  yang telah membuat beberapa kegiatan dalam rangka untuk memberdayakan masyarakat nelayan di Desa Kedungpancing,” kata Sunaryo saat dikonfirmasi, Selasa (21/9/2021).

Sunaryo mengaku di wilayah Kecamatan Juwana destinasi wisatanya sangat kurang. Potensi semacam ini perlu digali yang pada akhirnya bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Program pengembangan desa bisa menciptakan  lapangan kerja baru dan bisa mengangkat perekonomian masyarakat Juwana dan khususnya masyarakat Desa Kedungpancing,” harap Sunaryo.

Pihaknya menyebut SDM masyarakat Juwana, lebih-lebih dari Desa Kedungpancing telah terbukti mampu melahirkan atlet dayung tingkat nasional. Bahkan, mampu mempersembahkan hadiah dengan menyabet juara tingkat internasional.

Kendati demikian, Pemdes setempat terkendala anggaran yang cukup kecil dan terbatas. Apalagi wilayahnya yang cukup kecil ini pada akhirnya tidak mampu memberikan pendapatan desa yang cukup.

“Sumber  daya PAD kurang karena tidak mempunyai Bondo Deso. Terapi, masyarakatnya giat dan rata-rata mereka pekerja keras,” pungkasnya.

Sebagai informasi, sebelumnya KMPP Yogyakarta menyelenggarakan pembukaan Bina Desa Lentera Hilir Silugonggo Menuju Wisata Desa Edukatif di Balaidesa Kedungpancing. Di sini para punggawa mahasiswa KMPP memaparkan konsepsi agenda pengembangan masyarakat untuk mengelola alur Kali Silugonggo.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
KMPP Yogyakarta Previous post KMPP Yogyakarta Kolaborasi dengan Desa Kedungpancing Kembangkan Desa Wisata Edukatif
Next post Pembuang Bayi di Sumur Terungkap, Pelaku Masih di Bawah Umur
Social profiles