Setelah Pasar Puri Baru, Pekan Depan Pasar Porda Juwana Diterapkan Pasar Sehat

0
36
Penerapan Pasar Sehat dengan sistem pengaturan berjarak antar pedagang di Pasar Puri Baru.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Setelah sebelumnya Pemerintah Kabupaten Pati melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) melakukan uji coba pasar sehat di Pasar Puri Baru, kini Disdagperin kembali mencanangkan menerapkan program serupa di pasar tradisional lainnya di wilayah Kabupaten Pati.

Bahkan, penerapan uji coba pasar sehat tersebut memperoleh apresiasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo sempat mendatangi Pasar Puri Baru, beberapa waktu lalu.

Maka, pemerintah daerah terus berupaya meningkatkan dengan mengembangkan uji coba pasar sehat di sejumlah pasar tradisional.

Kepala Disdagperin, Hadi Santosa mengatakan jadwal selanjutnya yang diterapkan uji coba pasar sehat adalah Pasar Porda Juwana, Kecamatan Juwana. Dan saat ini, di pasar setempat sudah dilakukan persiapan sebagaimana mestinya menyambut uji coba pasar sehat.

“Selanjutnya uji coba pasar sehat diterapkan di Pasar Porda Juwana, kini sudah kami persiapkan, dan bakal diterapkan minggu depan,” kata Hadi kepada Samin News, Sabtu (14/8/2021).

Hadi menilai di tengah pandemi Covid-19 yang belum selesai ini, penerapan protokol kesehatan merupakan salah satu kunci mengendalikan pandemi. Pihaknya menyatakan pasar merupakan yang menjadi salah satu tempat cukup sulit dalam menjaga prokes.

Menurut mantan Kepala Satpol PP Kabupaten Pati tersebut, salah satu lokasi yang sulit dihindari adanya kerumunan adalah pasar tradisional. Maka, perlu upaya untuk menata pasar agar sesuai prokes dan kepatuhan untuk pelaksanaannya.

“Untuk itulah maka pasar tradisional dijadikan pasar sehat, aman dan nyaman dalam upaya mengendalikan penyebaran dan menghindari penularan Covid-19,” jelasnya.