Serangkaian Agenda Kegiatan Kwarcab Pati dalam Peringatan Ke-60 Hari Pramuka Tahun 2021

0
124
Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Pati, Sugiono saat memimpin ziarah ke makam tokoh Pramuka di Kwaran Gembong sebagai rangkaian kegiatan tersebut.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Slogan pengabdian tanpa pamrih untuk kemajuan Gerakan Pramuka Indonesia, tentu ”Ikhlas Bakti Bina Bangsa Berbudi Bawa Lekasana” selamanya akan terpatri pada dada setiap anggota Pramuka. Karena itu, jika dalam rangkaian memperingati Ke-60 Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka, Sabtu (14/Agustus) besok, untuk Kawarcab Pati diawali dengan zaiarah ke makam sejumlah tokoh Pramuka atas jerih payah dan dedikasi pengabdian semasa hidupnya.

Untuk keperluan tersebut, Ka Kwarcab Pati, Sugigono pun memimpin sendiri ziarah tersebut ke makam tiga tokoh Pramuka, di tingkat Kawaran Gembong, beberapa hari sebelumnya. Selain itu, ziarah yang merupakan agenda kegiatan yang dilakukan tiap tahun juga dilakukan di sejumlah makam tokoh pramuka lainnya, baik di Kwaran Jakenan, Juwana, dan juga di Kawatan lainnya.

Melaui agenda tersebut, papar Ka Kwarcab yang bersangkutan, Sugiono, pihaknya beserta anggota yang lain ikut mendoakan para arwah tokoh yang telah mendahuli kita. ”Semoga saja, baik almahum maupun almaruma diampui dosa dan kesalahan semasa hidupnaya, serta diterima semua amal baik-nya,” ujarnya.

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Pati, Sugiono saat memimpin ziarah ke makam tokoh Pramuka di Kwaran Gembong sebagai rangkaian kegiatan tersebut.

Sementara itu, Andalan Cabang Urusan Kesekretariatan (Ancusek) Kwarcab Pati, Suharsono menjelaskan sejumlah agenda kegiatan yang siap dilaksanakan pada peringatan HUT Ke-60 Gerakan Pramuka Kwarcab Pati, di tengah masa pandemi Covid-19 saat ini. Yakni, masing-masing untuk Jumat (13/Agustus) hari ini pukul 19.30 mengikuti Renungan Ulang Janji (RUJ) Kwarda Jateng, dan pada waktu yang sama juga menyelenggarakan RUJ di Joglo Pandu Pragola Kawarcab Pati.

Sabtu (14/Agustus) besok pukul 08.00 mengikuti Apel Besar Hari Pramuka Tingkal Nasional secara daring, dan juga melaksanakan upacara Hari Pramuka Tingkat Kwarcab Pati di Pendapa Kabupaten Pati pukul 07.30 dengan peserta terbatas, dan diikuti seluruh Kwaran secara daring, dan acara atau kegiatan lain yang sudah dilaksanakan, yaitu lomba twibbon dan vlog bagi Pramuka Penggalang dan Penegak/Pandega tingkat Kwarcab Pati yang berlangsung sejak 3 s/d 10 Agustus lalu.

Untuk acara tambahan, adalah penyerahan hadiah bagi pemenang lomba rwibbon dan vlog, serta penyerahan penganugerahan tanda penghargaan kepada delepan personel pengurun andalan cabang. Masing-masing  anggota Pusdilatcab Pati kepada Suyanto, untuk tanda pengahargaan Darmabakti, dan Wakil Ketua (Waka) Pusdiklatcab Pati tanda penghargaan Pancawarsa V, serta dia sendiri mendapat tanda penghargaan Pancawarsa V.

Selebihnya ada pula, Sujiman, Andalan Cabang dengan tanda penghargaan Pancawarsa V, Nuringtyas S, Andalan Cabang Pancawarsa IIdan  Purwanta Andalan Cabang  dengan tanda penghargaan Pancawarsa II. ”Selain itu, adalah Mukhlis untuk Andalan Cabang dengan tanda penghargaan Pancawarsa I, dan penghargaan sama untuk Andalan Cabang, Agung H,” imbuhnya.