Sejumlah Perairan di Indonesia Terjadi Gelombang Ekstrem hingga 6 Meter Lebih

SAMIN-NEWS.com, PATI – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan peringatan gelombang tinggi di berbagai wilayah perairan Indonesia. Prakiraan gelombang tinggi ini berlaku selama dua hari, dimulai Jumat 07.00 WIB hingga Sabtu pukul 07.00 WIB.

Dalam informasi oleh BMKG tersebut, wilayah perairan Indonesia ada peringatan gelombang ekstrem hingga lebih dari 6 (enam) s/d 9 meter. Area perairan dengan gelombang ekstrem ini meliputi Samudra Hindia barat Kepulauan Mentawai sampai selatan Jawa Timur.

BMKG menyebutkan penyebab tingginya gelombang di beberapa perairan Indonesia ini lantaran pola angin wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari tenggara-barat daya dengan kecepatan angin sekitar 5 s/d 20 knot.

“Sedangkan di wilayah Indonesia selatan dominan bergerak dari timur-tenggara dengan kecepatan angin 5-25 knot,” seperti dikutip dari web maritim.BMKG.go.id, Jumat (13/8/2021).

Selanjutnya, kecepatan angin tertinggi menurut BMKG terjadi di Selat Karimata, bagian selatan, Perairan Selatan Banten, Laut Jawa, Laut Banda juga terjadi di Laut Arafuru.

Area Perairan Dengan Gelombang Tinggi (2.50 – 4.0 m) terjadi di Perairan Timur P.Sineulue Kepulauan Nias, Selat Sape bagian selatan, Laut Sawu dan Selat Sumba bagian barat, Perairan selatan Pulau Sawu, Perairan selatan Kupang-Pulau Rotte, Samudra Hindia selatan Pulau Sawu, Rotte.

Area perairan dengan gelombang Sangat Tinggi (4.0 – 6.0 m) terjadi di Perairan utara Sabang, Perairan Barat Aceh, Perairan barat P.Simeulue-Kepulauan Mentawai, Samudra Hindia barat Aceh hingga Kepulauan Nias, Perairan Enggano-Bengkulu.

“Kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” harapnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Pemulung TPA ”Sanitary Landfill” Sukoharjo Sadar untuk Memasang Merah Putih
Next post E-Koran Samin News Edisi 13 Agustus 2021
Social profiles