Pemdes Sumberarum Jaken Gelar MusrenbangDes Bahas Prioritas Pembangunan Desa

0
43

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pemerintah Desa Sumberarum, Kecamatan Jaken, Kamis (26/8), tadi pagi menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (MusrenbangDes). Dalam acara itu membahas sejumlah agenda kegiatan desa untuk jangka tahun yang ditentukan.

Acara ini dihadiri oleh Forkopimcam Jaken, perangkat desa, tokoh masyarakat setempat. Dimulai pukul 09.30 sampai 11.30. Terhitung cepat memang sebelumnya, Pemdes Sumberarum telah memberikan formulir untuk usulan masyarakat agar ditulis. Sehingga, di saat MusrenbangDes tinggal pembahasan.

Kepala Desa Sumberarum, Mohammad Mahfud mengatakan pembangunan akan difokuskan pada pemerataan pembangunan sektor fisik. Sebab, hal ini menjadi agenda skala prioritas desa.

“Meliputi pembangunan drainase, pengaspalan, pengecoran dan kami bersama perangkat mempunyai agenda untuk pembangunan jalan poros desa,” ujar Mahfud seusai MusrenbangDes.

Kemudian, lanjutnya di Dukuh Sumber yaitu pembuatan jalan baru menuju masjid. Jalan menuju masjid itu belum ada. Dan untuk tahun ini, pembangunan desa diutamakan di sektor fisik.

Selain pembangunan jalan, ia menyebut dana tersebut untuk keperluan kesejahteraan masyarakat melalui Dana Desa (DD). Terlebih, saat ini di tengah pandemi Corona Virus sebagian DD memang ditujukan untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi.

“Sementara untuk non fisik kita gunakan untuk bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD) yang diperuntukkan bagi 65 KPM. Kisaran anggaran 119 juta,” imbuh Mahfud.

Menurutnya, dengan adanya pembangunan tersebut maka sejalan untuk meningkatkan kemajuan desa hingga masyarakatnya makmur dan sejahtera.