PC Fatayat NU Pati Fokus Advokasi Layanan Kesehatan Perempuan

0
15
Jajaran pengurus PC Fatayat NU Pati.

SAMIN-NEWS.com, PATI –Pimpinan Cabang Fatayat NU Pati ditunjuk oleh Pimpinan Pusat Fatayat dalam pelaksanaan program Pendampingan dan Advokasi layanan kesehatan di Kabupaten Pati. Program pendampingan untuk di Jawa Tengah hanya dua daerah yang dapat, yaitu Kabupaten Pati dan Tegal.

Progam pendampingan dan advokasi oleh PC Fatayat NU Pati ini akan fokus pendampingan kepada oara perempuan dan anak.

Ketua PC Fatayat NU Kabupaten Pati, Asmonah Yusuf mengatakan program Pendampingan dan advokasi ini rencananya berjalan hingga 4 (empat) tahun ke depan. Dan saat ini, pihaknya masih melakukan sosialisasi kepada stakeholder pemangku kebijakan terkait.

“Audiensi PC Fatayat Pati, sebab dapat amanah program dari Fatayat Pusat program advokasi dan pendampingan layanan kesehatan di Kabupaten Pati,” ujar Asmonah.

Ia mengatakan program pendampingan advokasi di Jateng hanya 2 (dua) Cabang Fatayat, yakni Pati dan Kabupaten Tegal. Program ini dilaksanakan selama empat tahun.

Oleh sebab itu, guna kesepahaman bersama mereka membangun kerja sama antar lini terkait program pelayanan kesehatan tersebut. Pasalnya, program ini membutuhkan partisipasi pengguna layanan, penyelenggara kesehatan, juga dari unsur pemerintah.

Saat ini, PC Fatayat NU Pati masih fokus melakukan audiensi kepada sejumlah instansi. “Audiensinya nanti kepada Dinkes, BPJS Kesehatan, Dinsosp3akb dan DPRD setempat,” imbuh Asmonah.

Kemudian, ia mengaku dari semua pihak tersebut belum ada jadwal pastinya. Ia menyampaikan seperti Dinsosp3akb, BPJS Kesehatan serta DPRD belum ada konfirmasi lanjut dari tembusan surat yang dikirimkan PC Fatayat NU Pati.

Untuk diketahui, program Fatayat NU ini merupakan program nasional yang bekerjasama dengan Akatiga dalam pendampingan layanan kesehatan terhadap penyelenggaraan program pemerintah pusat yaitu Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS).