Pakar ITB : Waspada Tsunami Megatrust Selatan Jawa

SAMIN-NEWS.com, BANDUNG – Kepala Laboratorium Geodesi Institut Teknologi Bandung (ITB) Heri Andrea mengingatkan adanya potensi bencana gempa bumi megathrust selatan Jawa yang juga berpotensi menyebabkan tsunami.

Sebab menurutnya berdasarkan data Global Navigation Satellite System (GNSS) mengkonfirmasi adanya akumulasi energi di bagian megathrust Selat Sunda hingga Pelabuhan Ratu dan selatan Parangtritis hingga selatan Pantai Jawa Timur.

Dari hasil pemodelan, jika gempa terjadi kekuatannya dapat mencapai magnitudo (M) 8,7 hingga 9,0, bisa jadi diikuti tsunami hingga 20 meter tingginya.

“Fakta saat ini pesisir Jakarta wilayahnya sudah ada di bawah laut hingga minus 1-2 meter, ini artinya potensi tsunami akan lebih besar,” tuturnya dikutip dari keterangan tertulis, Senin (16/8/2021).

Oleh karenanya, menurut Heri tanggul pantai di laut Jakarta akan sangat berperan dalam mencegah banjir rob hingga terjadinya bencana tsunami.

“Kita harus mendukung pemerintah dalam mempercepat upaya pembangunan tanggul sepanjang pesisir Jakarta. Fakta ini mau tidak mau harus diungkap, meskipun terkesan menakut-nakuti,” tandasnya.

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Hartopo Kukuhkan Paskibraka Kudus 2021
Next post Ganjar Apresiasi Komunitas Covid Ranger Asal Rembang
Social profiles