Kemenhub Fasilitasi Isolasi Terapung Bantu Tangani Pandemi

SAMIN-NEWS.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI dukung pemerintah pusat dalam pengendalian pandemi Covid-19 melalui penyediaan kapal isolasi terapung (Isoter). Kapal ini digunakan sebagai pusat isolasi oleh masyarakat.

Mengutip akun Instagram Kemenhub,mengemukakan bahwa PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) memfasilitasi dengan menyediakan armada untuk keperluan tersebut, yakni pusat isolasi terapung (Isoter) tidak berlayar.

“Tujuannya adalah untuk memudahkan pengawasan dan pendistribusian logistik dan obat-obatan bagi pasien yang isolasi di kapal,” bunyi keterangan tersebut.

Akan tetapi, fasilitas isolasi terapung oleh Pelni tersebut tidak berlaku di semua daerah si Indonesia. Melainkan hanya beberapa saja, dan tercatat sebanyak enam daerah yang memiliki fasilitas isolasi terapung. Di antaranya adalah Medan, Makassar, Lampung, Sorong, Bitung dan Jayapura.

Fasilitas isolasi terapung ini merupakan sebagai alternatif ataupun tempat tambahan jika misalnya di suatu daerah tempat isolasi yang disediakan sudah penuh. Di sisi lain, menjadi alternatif untuk pasien dengan tanpa gejala.

“Selain itu, dengan isolasi di kapal, diharapkan dapat membatasi ruang gerak penyebaran virus Covid -19 karena mobilitas pasien hanya dilakukan di atas kapal,” lanjutnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Tim Pemakaman BPBD Kemarin Bisa Sedikit Tersenyum, Hanya Berlangsung Pemakaman Satu Jenazah Protokol Covid-19
Next post Ganti Lantai Dermaga Kolam Tambat Kapal yang Dilakukan Pengecoran
Social profiles