Dengan Makan Ikan Anak-anak Akan Semakin Sehat

0
91
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Pati, Edy Martanto (atas) dan Edy Martanto bersama Pengurus Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI) Kabupaten Pati yang memperingati Ke-16 HUT-nya, Selasa (31/Agustus) kemarin (bawah).(Foto:SN/dok-dkp)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Saat menghadiri peringatan Ke-16 ulang tahun Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI) Kabupaten Pati, Selasa (31/Agustus) 2021 hari ini, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) kabupaten setempat, Edy Martanto, mengingatkan dan menekankan. Yakni, anak-anak harus diupayakan semaksimal mungkin, agar gemar makan ikan.

Dengan makan ikan, paparnya lebih lanjut, maka anak-anak tentu akan semakin sehat, dan selain itu juga akan bertubuh kuat, cerdas dan terbebas dari stunting. Sedangkan stunting adalah suatu kondisi di mana anak mengalami kekurangan gizi paling kronis dalam waktu paling lama yang juga menyebabkan terjadinya kerusakan otak.

Karena itu, pada umumnya anak-anak akan bertubuh lebih pendek dibandingkan anak seusianya, dan mempunyai tingkat kecerdasan yang kurang serta rentan terhadap penyakit. ”Padahal kita ketahui bersama bahwa Kabupaten Pati adalah penghasil ikan, akan tetapi jumlah anak stuning juga masih tinggi,” tandas Edy Martanto.

Pelatihan Pengelolaan hasil kelautan dan perikanan untuk meningkatkan kesejahteraan.(Foto:SN/dok-dkp)

Sebagai rangkaian memperingati HUT Ke-16 HIMPAUDI Kabupaten Pati, lanjutnya, sudah tepat jika menyelanggarakan lomba video Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) dan  juga pelatihan pengelolaan hasil kelautan dan perikanan yang pelaksanaannya berkerja sama dengan pihaknya. Hal itu sebagai bentuk dan wujud harmonisasi program DKP dalam HUT HIMPAUDI tahun ini.

Berkait hal tersebut pihaknya pun memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada HIMPAUDI Kabupaten Pati yang dalam pelaksanaan kegiatan HUT-nya juga mendukung upaya dalam membuat anak usia dini menjadi sehat, kuat dan cerdas, serta mencegah stunting. Karena itu, perkenankan pihaknya mengucapkan selamat kepada segenap pengurus dan seluruh anggota.

Penyerahan hadiah kepada pemenang lomba (atas) dan pengurus berfoto bersama (Foto:SN/dok-dkp)

 Selebihnya Edy Martanto juga mengharap agar ke depan kepengurusan HIMPAUDI Kabupaten Pati samakin solid, dan tangguh dalam menghadapi tantangan, dan ulet dalam perjuangan. ”Peran HIMPAUDI sangat penting dalam membangun dasar generasi bangsa, generasi yang bertakwa kepada Tuhan YME, cerdas dan berakhlak mulia,” ujarnya.