APBD Perubahan 2021 Kabupaten Pati Prioritas Masih untuk Covid-19

0
18

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati mengatakan anggaran Perubahan APBD tahun 2021 di sisa waktu tahun ini tidak ada penambahan dari APBD sebelumnya atau di APBD Murni.

Hal tersebut diungkapkan Ketua DPRD Kabupaten Pati, Ali Badrudin seusai Rapat Paripurna RRancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Perubahan APBD tahun anggaran 2021, Senin (30/8/2021).

“Kita (Pemkab Pati) tidak ada penambahan dari APBD murni, yang ada hanya penggeseran sifatnya yang tidak penting kemudian digeser ke skala prioritas yaitu untuk penanganan Covid-19,” terangnya.

Rapat Paripurna kali ini merupakan penyampaian nota keuangan Perubahan APBD tahun 2021 yang disampaikan oleh Bupati Pati Haryanto. Membahas adanya perubahan-perubahan di tahun 2021.

Selain itu, menurutnya anggaran transfer ke daerah juga mengalami penurunan, meski tidak disebutkan secara rinci. Ia mengaku anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) ada pengurangan.

“Juga pemotongan dari pusat terkait dengan DAK maupun DAU. Mungkin sama lah, Pemerintah Pusat juga mengalami pengurangan pendapatan yaitu untuk penanganan Covid-19,” imbuh Ali.

Sementara pergeseran anggaran itu, pihaknya mengaku akan membahas lebih lanjut dalam rapat berikutnya antara TAPD bersama dengan DPRD setempat.