Tiga Desa di Cluwak Belum Vaksinasi

0
115
Muspika Cluwak saat sosialisasi ppkm darurat di wilayahnya, Kamis (8/7/2021) malam tadi.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Hingga saat ini, di wilayah Kecamatan Cluwak menyisakan tiga desa yang belum melaksanakan vaksinasi. Sasaran vaksinasi untuk membentuk herd immunity atau kekebalan secara komunal itu belum menjangkau semua desa.

Camat Cluwak, Agus Purwanto menyatakan lambat waktu capaian vaksinasi akan segera terealisasi untuk semua desa. Sementara jadwal terbaru di Kecamatan Cluwak, Kamis (8/7) kemarin vaksinasi di Desa Ngawen.

“Cakupan vaksinasi di Cluwak semakin menggembirakan, hari ini dari target 250 tercapai 242 di Desa Ngawen. Hingga kini yang belum melaksanakan vaksinasi ada tiga desa, yaitu Desa Karangsari, Medani dan Sentul,” ucap Agus di kantornya kepada Samin News.

Oleh sebab itu, katanya Kecamatan Cluwak rencananya minggu depan bakal mempercepat capaian vaksinasi. Tetapi, hal itu menyesuaikan jadwal dari petugas medis puskesmas Cluwak.

Agus menyatakan vaksinasi menunggu jadwal berikut dari Puskesmas Cluwak. Sebab dua hari untuk hari Jumat dan Sabtu khusus untuk jadwal vaksinasi yang tahap dua.

Di sisi lain, Kecamatan Cluwak gencar mengedukasi kepada masyarakat tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Ia meminta semua elemen masyarakat sadar dan disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan menerapkan 6M.

“Agar pandemi segera berakhir, karena tanpa partisipasi masyarakat tak mungkin kami aparat dari pemerintah, baik dari sipil maupun TNI-Polri walau bersinergi kalau masyarakat tidak patuh ya akan sia-sia,” tegas Agus.

Pihaknya menyebut sosialisasi yang dilakukan itu, tim Satgas Kecamatan juga meminta peran dari para ulama’. Statement mereka mungkin bisa lebih manjur mengena dihati masyarakat.

“Dan beberapa ulama’ yang kami temui sudah ikut vaksinasi beberapa minggu yang lalu, sehingga bisa menambah keyakinan untuk disampaikan kepada masyarakat,” tutupnya.