SMP Negeri 4 Pati Mulai Ajaran Baru dengan KBM Daring

0
79
ustrasi kegiatan belajar mengajar (KBM) daring di tengah pandemi Corona Virus Disease (foto kepo.co)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Wakil Kepala SMP Negeri 4 Pati, Zainal Abidin menyatakan kegiatan belajar mengajar (KBM) tahun ajaran baru 2021/2022 masih dilaksanakan secara daring. Hal ini mengingat situasi dan kondisi yang belum memungkinkan menjalankan pembelajaran secara tatap muka.

“Tahun ajaran baru telah dimulai tanggal 12 Juli 2021, bagi siswa kelas 8 dan 9 sudah langsung mulai aktif KBM daring,” ujar Zainal di kantornya, Senin (19/7/2021).

Selain itu, dimulai tanggal tersebut bagi peserta didik baru atau kelas 7 pun demikian melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang merupakan kegiatan perdana secara daring. Di sini peserta didik baru dikenalkan terhadap lingkungan sekolah.

Pelaksanaan MPLS selama tiga hari mulai tanggal 12 s/d 14 menggunakan zoom meeting. Lantaran daring, materi yang disampaikan juga terbatas tidak seperti pada sebelum wabah menginvasi. Hanya poin-poin tata tertib sekolah yang disampaikan, meski belum masuk tapi setidaknya sudah tahu terkait aturan yang berlaku di SMP Negeri 4 Pati.

“Sebab daring jadi dipersingkat tidak seperti pada umumnya, yang jelas MPLS menyampaikan tata tertib itu di dalamnya termasuk karakter yang menyangkut juga dengan kaitannya (kegiatan) saat pandemi, ini perlu disampaikan,” ujarnya.

Kemudian, kata Zainal yang wajib disampaikan adalah penggunaan kurikulum yang berisi tentang aktivitas ekstrakulikuler. Di sini peserta didik hanya diberikan gambaran secara umum. Pasalnya di tengah pandemi kegiatan ekstra tidak ada.

Selanjutnya, disampaikan tentang wiyata mandala. Karena bagaimana pun juga SMP Negeri 4 Pati mempunyai tanggung jawab moral tetap mempertahankan budaya karakter adiwiyata nasional.